Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Menyalakan Lampu untuk mengusir nyamuk

Written By Nyach on Rabu, 23 Juni 2010 | 20.32

Keberadaan nyamuk disekitar kita bisa menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman disaat mau istirahat dari bunyi dua sayapnya yang berisik. Juga rasa tidak enak muncul dari perasaan rasa kawatir oleh gigitan nyamuk betina, memang yang membutuhkan protein untuk pembentukan telur dari mamalia termasuk manusia adalah yamuk betina menggunakan mulutnya yang berbentuk probosis panjang, sedang nyamuk jantan tidak menghisap/menggigit.
Bagaimana cara mengusir nyamuk hanya dengan menyalakan lampu rumah ?????

Nyamuk mempunyai kebiasaan berlindung ditempat gelap dengan tubuh yang langsing dengan enam kaki yang rata-rata panjangnya tidak lebih 15 mm, suka bertengger di pakaian-pakain kotor. Ketika hari mulai senja nyamuk bersama kerabatnya berterbangan keluar dari persembunyian karena hari mulai gelap, inilah yang sering mengenai mata ketika petang naik motor sering mengganggu mata.


Kebanyakan kelompok nyamuk modern tidak lagi bergantung kepada racun serangga berbahaya tetapi menjurus kepada organisme  khusus yang memakan nyamuk, atau menjangkiti mereka dengan penyakit yang membunuh mereka. Hal-hal seperti itu bisa terjadi walaupun di Kawasan Perlindungan, seperti "Forsyth refuge" dan Seaview Marriott Golf Resort, di mana sekawanan nyamuk utama dilaksanakan dan dipantau menggunakan "killifish" dan belut muda. Kesannya di dokumen dengan menggunakan mikroskop  maju bawah air seperti ecoSCOPE. Bagaimanapun, wabah penyakit bawaan nyamuk masih menyebabkan penyemburan dengan bahan kimia yang kurang beracun dibandingkan yang digunakan pada masa lalu.

Capung, juga dikenal sebagai elang nyamuk merupakan agen pengawal yang berkesan. Larva capung (naiads) memakan jentik-jentik dalam penampungan air sementara capung dewasa pula memburu dan memakan nyamuk dewasa, terutama nyamuk harimau asia yang terbang pada waktu siang. Penyemburan nyamuk bisa memperburuk keadaan dan meningkatkan populasi nyamuk dalam tempo jangka masa panjang sekiranya penyemburan itu melenyapkan capung dan pemangsa alami yang lain.

Sebagian nyamuk mampu menyebarkan penyakit protozoa seperti malaria, penyakit filaria seperti kaki gajah, dan penyakit bawaan virus seperti demam kuning, demam berdarah dengue, encephalitis, dan virus Nil Barat.

Cara mengusir nyamuk paling murah bahkan gratis juga tidak membahayakan kesehatan adalah dengan teknik menyalakan lampu rumah diwaktu mulai petang, caranya sebagai berikut :

   1. Ketika hari mulai gelap dan lampu rumah belum dinyalakan bukalah semua cendela dan pintu rumah selebar mungkin.
   2. Nyalakan lampu mulai dari ruang yang paling dalam dan usir nyamuk yang bertengger pada kelambu atau pakaian kotor yang tersampir, lampu jangan dimatikan.
   3. Berikutnya dinyalakan lampu diruang yang lebih mendekati bagian luar rumah dan diikuti dengan mengusir nyamuk, pasti nyamuk akan berterbangan keluar menuju bagian yang gelap.
   4. Setelah lampu rumah menyala semua tutup jendela dan pintu, jangan lupa angin-angin rumah harus diberi kasa nyamuk agar tidak digunakan jalan tol bagi nyamuk.

Kelemahan cara ini adalah :

   1. Membutuhkan kedisiplinan menyalakan lampu ketika petang hari

   2. Tidak ada waktu untuk melakukan
   3. Bagi yang tidak suka ribet, terasa berat
   4. Kalau ada nyamuk yang bandel, dilempar sepatu saja.

Ini sekedar update, kata mabk inge posting acak gak apa apa.


Alhamdulliah bisa posting lagi walau kurang bermakna, salam kepada kawan-kawan yag berkunjung

gambar di ambil dari google

4 komentar:

inge / cyber dreamer mengatakan...

thx 4 share tipsnya
jadi sebelum bener2 mengusir nyamuk keluar lampu yang belakang jangan dimatikan dulu yah ^^

Nyach mengatakan...

Non Inge @ ya gitulah, ini saya sudah praktik, tapi saat pagi nyamuk ya balik lagi cari tempat gelap di sudut2 ruang

richo mengatakan...

klo terang memang lebih dikit nyamuknya dari pada gelap, makane aku suka yang terang2 biar klo nyamuk mo nyium bisa aku gampar dia heheh

Seiri Hanako mengatakan...

hemat energi nggak tuh??