Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Kacang Organik

Written By Nyach on Minggu, 14 Februari 2010 | 22.58

 
Kacang-kacangan adalah salah satu jenis sayur mayur sbagai kebutuhan manusia untuk mencukupi nutrisi. Banyak anggota kacang-kacangan antara lain kacang panjang, kacang ercis, kedelai,  kacang tunggak masih banyak lagi yang belum disebutkan. Harga sayur kacang relatf murah, dari Rp. 1000, 00 s.d Rp. 3000,00 di pasar tradisional sedangkan di swalayan atau supermarket harga lebih tinggi lagi. 

Seiring dengan munculnya berbagai penyakit yang diderita manusia mulai muncul istilah tanaman organik. Untuk tanaman yang bisa disebut tanaman organik bisa dilihat dari cara pemeliharaan tanaman yang akan dinilai organik atau non organik. Mulai dari pemakaian pupuk yang digunakan juga cara mengatasi hama yang muncul pada tanaman yang sedang dipelihara. Pupuk yang disarankan untuk tanaman organik juga merupakan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos, pupuk hijauan. Untuk pupuk kimia disarankan untuk dihindari.
Pemakaian pupuk organik pada tanah yang sudah terbiasa memakai pupuk kimia pada awal pemakaian pupuk organik berdampak pada hasil panen yang merosot tajam, pengurangan hasil tani diawal penggunaan pupuk organik tanpa pupuk kimia ini berlangsung hingga 4 tahun berikutnya. Mengapa begitu........
Pemeliharaan kacang dengan pola pertanian organik membutuhkan pembiayaan yang lebih mahal dibanding dengan pemeliharaan kimia karena obat-obatan organik masih terhitung langka, sedangkan obat-obatan tanaman dari bahan kimia setiap toko pertanian selalu menyediakan. Belum lagi soal pemasaran tanaman organik menjadi permasalahan tersendiri bagi petani organik pemula, dengan biaya pemeliharaan yang relatif tinggi diharapkan harga tanaman organik juga mahal. Untuk pemasaran tanaman organik bagi petani memerlukan link pemasaran guna menyesuaikan dengan harga yang sebenarnya untuk tanaman organik, yang dipercaya lebih menyehatkan itu.


2 komentar:

Munir Ardi mengatakan...

salam sahabat , sebenarnya blog bapak bagus cuma perlu selalu bersilaturrahmi cuma itu intinya blogwalking dan meninggalkan komentar di diblog sahabat kemudian verifikasi kata di komentar kalau bisa dihilangkan saja, saya yakin kalau bapak rajin bw maka blog bapak akan punya banyak komentar

Nyach mengatakan...

terimakasi saran dari bang munir, insyaallah saya lakukan