Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Bahasa Malangan

Written By Nyach on Rabu, 26 Mei 2010 | 12.28

  Dalam pergaulan sesama orang malang, terutama anak muda sering terdengar bahasa yang aneh, kalau pertama kali dengar sulit untuk memahami apa maksudnya. Bahasa wali'an ini juga sering digunakan oleh genaro ngalam (orang malang) dalam mengetes orang yang mengaku dari malang.

Entah kapankah mulainya, 
dalam asal usul bahasa kera ngalam  disebutkan bahwa bahasa malangan ini digunakan mulai jaman perjuangan merebut kemerdekaan, oleh para pejuang 45 yaitu kelompok Gerilya Rakyat Kota (GRK)

Osob kiwalan kera-kera ngalam (arek arek Malang  yang disingkat AREMA) sering  menggunakan bahasa wali'an suatu contoh:
  1. " ayas kadit itreng = saya tidak ngerti "
  2. " ngalup ulud ker = pulang dulu rek "
  3. dsb
    Seorang tokoh pejuang Malang pada saat itu yaitu Pak Suyudi Raharno mempunyai gagasan untuk menciptakan bahasa baru bagi sesama pejuang sehingga dapat menjadi suatu identitas tersendiri sekaligus menjaga keamanan informasi. Bahasa tersebut haruslah lebih kaya dari kode dan sandi serta tidak terikat pada aturan tata bahasa baik itu bahasa nasional, bahasa daerah (Jawa, Madura, Arab, Cina) maupun mengikuti istilah yang umum dan baku. Bahasa campuran tersebut hanya mengenal satu cara baik pengucapan maupun penulisan yaitu secara terbalik dari belakang dibaca kedepan.
Pengertian bahasa wali'an (osob kiwalan) malang:
adalah bahasa anak muda malang dalam berkomunikasi dengan teman sebaya yang susunan huruf dalam suatu kata dibalik .

Tetapi dalam penggunaan kata wali'an belum tentu dibalik susunan hurufnya, seperti :

  1. Rokok = oker
  2. Orang = genaro
  3. Uang = Ojir
  4. masih banyak lagi.
Karena bahasa ini sangat bebas dan longgar aturannya maka kemungkinan pengembangannya sangat luas untuk itu perlu disepakati beberapa istilah penting dikalangan pejuang. Kesepakatan istilah ini diperlukan juga karena banyak kata penting sulit untuk dibaca terbalik sehingga harus dicari istilah dan padanan yang sesuai namun mudah diingat oleh para pelakunya. Contohnya kata 'Belanda' dalam bahasa Jawa disebut 'Londho' yang cukup sulit dibaca terbalik, maka dicari istilah padanannya yaitu 'Nolo'. Demikian juga dengan 'Polisi' bukan menjadi 'Isilop' namun cukup 'Silop'. Kemudian untuk 'mata-mata' bila dibaca terbalik menjadi 'atam'. Namun untuk menentukan bahwa yang dimaksud dalam istilah tersebut adalah antek Belanda maka ditambahi kata 'keat' dari asal kata 'taek' yang dalam bahasa jawa berarti kotoran. 'Keat Atam' atau kotoran mata dalam bahasa jawa disebut 'ketek' adalah sebutan yang pas untuk para penyusup ini.

Begitu juga dengan nama peralatan perang seperti senjata genggam karena sulit menemukan istilah yang pas maka dipakai kode samaran 'Benduk' dan untuk laras panjang (dowo = panjang dalam bahasa Jawa) disebut 'benduk owod' atau disingkat 'owod' saja. Sedangkan untuk menunjuk masyarakat suku / etnik tertentu disebut 'onet' untuk golongan Cina (asal kata 'cino' dalam bahasa Jawa), 'arudam' untuk madura, 'arab' menjadi 'bara' dan seterusnya. Sedang untuk menyebut diri seseorang digunakan 'uka' = aku, 'ayas' = saya, 'umak' = kamu, 'okir' = riko (kamu dalam bahasa madura).

Sedangkan untuk menyebutkan sesuatu yang baik / bagus digunakan istilah 'nez' dari asal kata bahasa arab 'zen'. Begitu pula dalam menyebut orang tua laki-laki (ayah, Bapak) orang arab biasa menyebut dengan 'abah' atau 'sebeh' yang kemudian menjadi 'ebes'. Istilah 'ebes' kemudian menjadi populer ditujukan sebagai gelar kehormatan tidak resmi kepada para komandan, pemimpin atau pembesar dan pemuka masyarakat yang dituakan oleh segenap masyarakat Malang sampai sekarang.

Demikian sekilas tentang osob kinalan = boso walikan (bahasa terbalik) yang sampai kini masih dipakai oleh orang Malang, semoga teman yang lain sudi memposting dialeg daerah yang perlu saya ketahui.

25 komentar:

Rizky2009 mengatakan...

bahasa malang unik juga yah kalau d balik

orang kampung belajar ngeblog mengatakan...

ayas ripmam, salab ay...
ha..ha..ha..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, dibalik2 toh hurufnya

blogger bumi lasinrang mengatakan...

kan ada dibawah judul sob yang posting itu bang iwan alias Setiawan Dirgantara, eh iya bahasa kera ngalam unik ya pak

kakve_santi mengatakan...

aihh saya nanti roaming ....

Delia mengatakan...

wahhh bermanfaat sekali pak..
lia gak tau bahasa ini..
izin tak simpan pak...
berguna banget ^_^

Lina Sukadi mengatakan...

pertama dulu saya bingung..tapi setelah dijelaskan teman saya akhirnya sedikit paham...bahasa kera ngalam..he.he

siroel mengatakan...

iya, di balik2...

fajar mengatakan...

jogja juga ada mas..basa walikan....kemarin juga habis posting basa walikan..khas jogja..

Sudino Dinoe mengatakan...

Makasih infonya mas..

Umy Diary mengatakan...

salam kenal dari umydiary.blogspot.com

attayaya mengatakan...

dulu waktu kecil di tempatku juga sering omong terbalik

Latifah hizboel mengatakan...

Masing daerah pasti ada bahasa seperti itu...kadang dibolak balik bahasanya...seru juga sih pake bahasa itu...

Shanty mengatakan...

Unix C!!!
Tapi susah, mungkin klu diajak ngobrol musti mikir2 dulu, "kebalikane apa ya???"
hehehheeeee lucu...

anyindia mengatakan...

IYA Khas banget osob kawilannya oom :D

Winny Widyawati mengatakan...

Wiih pusing juga ya bahasa Malangan...udah ah, bahasa sunda aja, gampang (kata org sundaaa)

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
ehm Sam kera ngalam aguj???olak ayas ilsa kera ngalam Sam..tapi sayang liat profil anda kok malang surabaya bukan asli Ngalam nuh he..he...oh iya dah saya follow n untuk tiker links menyusul ya...makasih

Nyach mengatakan...

@ Dhana : saya asli ngalam, surabaya tu ibu kota propinsi.
makasih kunjungannya

bonk AVA mengatakan...

set set boso walikan eh eh

sihkamatri sata ganjukun

foni nari'me ??????

Nyach mengatakan...

@ bonk AVA : mAKASIH responnya

BrenciA KerenS mengatakan...

Untuk aku yg dududs ini kayaknya kalo diajak ngomong sama orang malang bakalan telbi abis deh.. *bengong*

elok langita mengatakan...

bahasanyaa asing banget.. hehee..


^________^ HAPPY BLOGING !!

mkashy buat kunjungan dan commentnyaa. :D

have a nice weekend

tfd mengatakan...

uka ngatad ngujnukreb...!! **

Rizky2009 mengatakan...

kalau aq edit teplate beberapa jam aja dah cukup, cuma masalahnya aq terkendala dana, jd hasilnya beberapa hari bru bisa selesai, belum lagi kl inet lg ky siput, mentolo mbanting

Nyach mengatakan...

@ Brencia & elok : hanya kebiasaan saja yang menentukan, saya kalau lama gak kumpul2 teman juga dududs kok
@ tfd : terimakasih sudah praktik, oyi sam
@ Rizky : mantab gan, templatte jenengan, salut deh