Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Penyebab gak bisa tidur

Written By Nyach on Minggu, 24 Oktober 2010 | 06.39

Aritkel ini (waoo artikel, gak pantas ya) tulisan ini sebenarnya mulai kutulis beberapa malam yang lalu ketika itu mata ingin ditutup, tapi karena koneksi internet sekonyong konyong putus, makanya ku teruskan sekarang.

Allah swt, menciptakan malam supaya manusia dapat beristirahat sehingga dapat memulihkan stamina, karena telah beraktifitas seharian. Beristirahat atau tidur menjadi kebutuhan manusia secara alamiah, namun sering kita sulit tidur, yang istilah lainnya adalah insomania (apa begini tulisannya ???).

Tidak bisa tidur merupakan masalah karena menyebabkan daya tahan tubuh terhadap penyakit berkurang, berat badan menurun, kuyu (penampilan gak enak dipandang), yang jelas kelihatan ngantuk. Sering orang gak bisa tidur kemudian minum obat tidur, padahal ini tidak menyelesaikan masalah karena biasanya timbul ketergantungan terhadap obat-obatan tersebut, jika sudah ketergantungan obat membahayakan organ tubuh terutama hati (lihat saja peringatan di petunjuk yang menyertai obat tersebut).

Untuk bisa dengan mudah cepat tidur, perlu Anda simak tentang penyebab tidak bisa tidur :
  1. Waktu tidur yang terlewatkan :  Ritme aktifitas organ kita terbentuk dari kebiasaan, kalau kita bisa tidur jam 10.00 malam, maka ketika waktu itu tiba maka mata terasa ngantuk. Tetapi apabila masih ada yang harus kita selesaikan maka tidak jarang waktu tidur itu ditrabas saja. Sehingga tidur kita lewat dari jam tidur pada hari sebelumnya, mata terasa melek terus kecuali semua angan dan pikiran ditujukan untuk tidur, matikan komputer, televisi atau HP dan rebahkan diri senyaman mungkin.
  2. Pikiran terlalu capek : kerja seharian atau sekolah yang mengandalkan aktifitas otak, apabila terlalu lelah terasa beda, jika dibandingkan dengan kelelahan fisik. Kelelahan fisik bisa menggunakan cara mandi air hangat, pijit atau apa saja yang dapat memperlancar transportasi darah di organ-organ tubuh kita. Biasanya kelelahan fisik membuat tidur lebih nyaman dan terasa fresh kembali. Lain lagi dengan kelelahan pikiran, mata merem tetapi sebenarnya gelisah, lebih baik sebelum tidur berdoa , seperti sholat malam atau yang lain, guna menyandarkan semua yang telah kita pikirkan kepada yang maha kuasa. Apabila anda muslm disarankan sebelum tidur berwudlu, agar fresh dan pikiran menurun. terus rebahkan diri senyaman mungkin.
  3. Dilanda banyak masalah : tidak ada masalah sepertinya hal yang tidak mungkin, setiap manusia selalu ada masalah, tetapi jika masalah terlalu banyak akan berpengaruh kepada tidur yang tidak nyenyak, bahkan sulit untuk memulai tidur. Perlu curhat kepada seseorang yang kita percaya untuk penyelesaian masalah. Gak usah mikir dulu tentang masalah jika mau tidur.
  4. Agenda kegiatan yang over : rencana aktifitas kadang muncul jikalau kita sedang persiapan diri untuk istirahat/tidur, sehingga pikiran/sel sel otak bekerja, hal ini memang tidak kita sadari. Aktifitas otak ini membuat tidur tidak gampang. Lupakan sejenak tentang agenda aktifitas jika mau tidur dengan cepat.
  5. Lapar : saat tidur organ tubuh membutuhkan energi untuk istirahat , energi ini didapat dari makanan yang tersimpan di tubuh kita. Enam jam sebelumnya disarankan untuk mengisi dengan makanan secukupnya.
  6. Sakit : diwaktu kita sakit organ tidak seimbang, hal ini berkatitan dengan pikiran dan organ-organ lain yang berusaha menyeimbangkan fungsi organ yang lain. Untuk membuat cepat tidur biasanya petugas kesehatan memberikan obat tidur. Tetapi kita tidak diperkenankan setiap saat untuk mengkonsumsi obat-obatan semacam ini.
Untuk teman-teman yang FB an dan lainnya, perlu diingat bahwa besuk masih ada kesempatan untuk bersilaturahami.

4 komentar:

Yohan Wibisono mengatakan...

Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.TahitianNoniAsia.net, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

Nyach mengatakan...

makasih atas kunjungannya, bro lain kali insyaallah saya kunjungi

NDA mengatakan...

wah tiap hari saya susah tidur om

reyx mengatakan...

saya juga susah tidur gan, macem2 cara dah say tempuh tp tetep ga isa :((