Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Penipuan Melalui SMS Marak Kembali (SMS Jahat)

Written By Nyach on Senin, 21 Februari 2011 | 00.34

Kusebut SMS jahat karena memang saya kira maksud dari pengirim adalah untuk menipu terhadap orang yang menerimanya. Penipuan melalui sms sudah sering terjadi tetapi tidak imbang jika dibanding dengajumlah terungkapnya kasus penipuan semacam ini :

 "Beliin mama pulsa 50 ribu di nomer baru mama, ini nomer barunya 081241646836, cepat ya, nanti mama ganti" maaf nomer ini yg lama yang beredar di bulan oktober 2010
Manajer Tolls dan Data Management Telkomsel, Nugroho mengatakan "Sebenarnya Telkomsel bisa langsung memblokir SMS tersebut dengan alat antispaming. Namun hal itu terganjal oleh larangan regulator." yang asaya kutib dari Kompas.com Kamis, 17 Februari 2011

Kemudian muncul lagi sms jahat semacam ini :
"Tolong kirimi pulsa Rp. 50.000,- untuk Bapak ke nomer sekian ..............Bapak lagi di kantor polisi, jangan telpon ini nomer teman saya"
atau
"Tolong kirimi pulsa Rp. 50.000,- untuk Bapak ke nomer sekian ..............Bapak lagi di rumah sakit, jangan telpon ini nomer teman saya"
 sekarang muncul sms atas nama tante. semua bernada penipuan yang memanfaatkan keadaan seseoarng yang lagi terkena masalah, dan ini membuat yang menerima bisa kecele apabila momentnya tepat alias klop dengan permasalahan keluarga yang di hadapi.

Agar tidak ketipu ada pemikiran sebagai berikut :
JANGAN CEPAT PERCAYA :
Apabila kita mengalami kondisi seperti yang ada di sms, langkah yang tepat adalah menunjukan sms yang ditrima kepada saudara/teman yang saat itu ada, untuk dimintai pertimbangan tentang maksud sms. Dengan demikian kita tidak langsung mengiyakan apa yang ada di sms jahat itu.

KONFIRMASI NOMOR YANG DITIJU :
SMS jahat itu selalu menampilkan nomor yang disuruh mengisi pulsa atau untuk dihubungi, mohon dikonfirmasi kepada papa atau mama, bapak atau tante , pokoknya kepada yang disebut di sms. Beruntung kalau kita punya tante hanya satu jadi tidak banyak yang harus dihubungi.

LAPORKAN :
Banyak sms jahat ini didukung oleh pemanfaatan sms gratis yang menjadi program penyedia layanan telpon, agar ada tindakan dari sang operator bisa kita laporkan nomor yang dimaksud dalam sms, semoga ada tindakan, mungin juga bisa ke pihak yang berwajib yaitu kepolisian meskipu saya kurang yakin untuk ini berdasarkan berita-berita tentang polisi yang kurang bisa diharapkan. (ampun pak polisi)

KALAU TERLANJUR :
Kalau kita terlanjur mentransfer pulsa mau apalagi kecuali mengikhlaskan, itung-itung sebagai amal, walaupun kurang tepat sasaran. Untuk nahan amarah bolehlah disumpahin tetapi jangan sampai timbul amarah karena rugi energi untuk itu.

Tentang kasus penipuan melalui sms ini sudah banyak dimuat di dumay contoh
1. lagi-lagi penipuan melalui sms
2. mungkin saking jengkelnya ada pertanyaan lucu di yahoo answert juga ada
3, Penipuan melalui sms kembali marak
masih banyak lagi, semoga si pelaku cepet sadar amin dan semoga Anda tidak pernah ketipu.

23 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

emang susah ya penipuan dimana2

Nyach mengatakan...

Iya mbak Fany, menyedihkan klo ingat hal ini

IbuDini mengatakan...

Saya pernah juga mendapatkan sms seperti itu....pengirimnya salah sasaran, karna kedua orang tua saya kan udah gak ada...bener2 tuch ya penipu.

Blogger Cerita Dewasa mengatakan...

kaloa saya jarang tak tanggapi tujh...    
hehhehe

-Gek- mengatakan...

waktu ini malah ada yang nelfon ke rumah ngaku2 dari provider telfon tertentu, bilang ayah saya dapet mobil, eh.. tau2nya penipuan. :(
besok kuceritain kalo sempet di blog.. huhhhh.. penipuan itu, tega banget! semoga dpt karma yang setimpal deh!
*panjang..

Aishalife-line mengatakan...

Assalamu'alaikum..
Penipuan dan kejahatan lainnya semakin marak di mana-mana.Selalu waspada dan berdoa agar Allah senantiasa melindungi kita dari kejahatan itu.
Wassalam..

Nyach mengatakan...

Ibu Dini @ si penipu megirimkan sms secara acak dengn memanfaatkan sms gratis.

Blogger certa dewas @ setuju dengan sikap anda memang seharusnya begitu.

Gek @ saya penasaran nunggu postingan tentang hal itu

Mbak Aisha @ Wa'alaikumsalam ...terimakasih atas kunjungannya, kita harus waspada.

Berpikir Positif mengatakan...

pak kalau boleh jujur saya malah pernah dengar cara kerjanya, modusnya beragam , dulu pertama mereka gunakan sms menang hadiah undian ujung-ujungnya kita disuruh beli voucher dan mengirim kode vouchernya kepada dia , nah kode voucher itu kemudian secepatnya dia masukkan kedalam hpnya dan dijual menjadi pulsa transfer , nah sekarang yang marak , belikan pulsa ibu atau ayah atau tante atau keluarga dekat, caranya mereka kirim sms pakai sms gratis itupun dengan modal beli kartu murah 5 ribuan satu alias kartu yang hampir habis masa aktifnya setelah pulsa dan sms gratisnya habis langsungbuang aja untuk menghilangkan jejak, tapi coba check nomor yang dijadikan tujuan mengirim pulsa, nah nomornya itu biasanya dibuka setelah satu minggu beraksi dan langsung dijual aja di counter hp langganan mereka setelah berisi, ini ceritakan langsung ama penjual pulsa yang pernah ditawari pulsa gituan tapi menolak

Gatot mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Gatot mengatakan...

Anak ku yang pertama td siang dapat sms yg demikian ... Bgmana solusi klo yg dapat sms adalah anak kita yg masih lugu ....

Nyach mengatakan...

Bang Munir @ Terimakasih Bang atas tambahannya, Berpikir Positif keren. Apakah adsence ya

Nyach mengatakan...

Gatot @ untuk anak kita yg masih kecil perlu pemahaman yang bijaksana agar lebih berhati hati

NINDAAA mengatakan...

adalagii pake bapak tapi smsnya dalam bahasa jawaa wahwah

pandi mengatakan...

Wah.. semakin kreatif nih para penipu.. jadi pengguna hape juga harus lebih kreatif mengantisipasi para penipu ini..

Rizky2009 mengatakan...

saya juga dah beberapa kali dapat sms seperti itu, saya sih ge percaya, karena apa, pas aq dapat sms seperti itu, mama saya ada di rumah dan saya kasih lihat,laagian saya tahu mama saya tidak bgt bisa pakai hp, hanya bisa telepon saja belum bisa sms, langsung saja saya maki2 itu pengirim

attayaya_alam mengatakan...

jiaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhh....
aku kena juga dan udah kuposting juga
sebel

sekarang aku lagi sebel ma SMS SPAM dengan iklan menyampah

Nyach mengatakan...

NINDAA @ iya macam-macam , kasihan sampai kalau ada yang tertipu

Nyach mengatakan...

PANDI @ iya harus diperlukan masukan kepada keluarga agar kita lebih kreatif .

Nyach mengatakan...

Risky2009 @ saya juga pernah dapat dengan bunyinya untuk Bapak, padahal Bapak saya di sawah dan tidak pernah pakai HP.

Nyach mengatakan...

attayaya_alam @ sms spam ini sepertinya tidak ada solusi dari yang berwenang.

Padang Cahaya mengatakan...

Saya juga pernah dapat SMS dari mama yang mau minta pulsa, selain itu pernah dikabari kalau dapat uang he.he
Penipuan semacam ini memang masih marak, walau orang sudah banyak yang tahu trik penipuan semacam ini.

Nyach mengatakan...

Padang Cahaya @ saudara saya bahkan pernah kecele , berarti setiap nomor telpon pernah dapat.

smp 3 lembang mengatakan...

baru dua minggu lebih pak pasang adsensenya