Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Ikan Bader Bang Sisik Kencono di Kali Berantas

Written By Nyach on Rabu, 20 April 2011 | 00.02

Ikan Bader Bang Sisik Kencono di Kali Berantas
oleh : Nyach
http:okemms.blogspot.com

Sesuai dengan namanya Bader Bang Sisik Kencono berarti ikan air tawar berjenis Bader, Tawes atau Wader . Bang berasal dari kata abang(Jawa bukan Sunda) berarti berwarna merah. Sisik sudah jelas bermakna sisik yang melindungi binatang bersisik kayak ular termasuk ikan. Kencono berati kemilauan kayak emas.

Ketika hujan gerimis seorang nelayan dari daerah Rekesan Kec Kalipare, menjumpai penampakan ikan bader raksasa diperairan waduk bendungan Ir. Sutami Karangkates. Terlihat olehnya punggung ikan yang bergemerlapan kuning keemasan dengan panjang sekitar 15 meter . Dia memperhatikan dari posisi perahu obek (sampan) sambil gemetar, karena sejak sebagi nelayan di sungai Berantas, baru sekali ini dilihatnya hal yang gak masuk akal. Orang di kampung saya menyebutnya dengan ikan gaib penunggu kali Berantas sekitar bendungan Karangkates sampai dengan bendungan Sengguruh di daerah Kepanjen. Jika ikan Baderbang Sisik Kencono ini menampakkan diri, masyarakat meyakini, sebentar lagi pasti ada korban tenggelam.
Dulu ikan bader ini pernah menjadi ikan yang yang di baggakan pada zaman Kahuripan yaitu pada masa pemerintahan Airlangga bahkan pusaka prabu Airlangga itu bernama Bader Bang Sisik Kencono. Perairan sungai Berantas pernah di bendung pada zaman Airlangga, untuk keperluan irigasi sehingga menjadi negeri yang subur hingga saat in yaitu Malang. Itulah karenannya nama air di belanga yg mempunyai makna proyek pembuatan bendungan sungai Berantas yang di gambarkan oleh mpu Sedah dan empu Panuluh Laksana Syang hyang Wisnu Tiwikrama, karena Airlangga adalah penjelmaan sang Wisnu dengan Garuda Muka sebagai tunggangganya.

Kali Berantas dengan ikan Bader yang tidak pernah di temui di perairan manapun. Dulu ketika saya masih kecil sering mancing sambil gembala kambing di kali yang jaraknya hanya 300 meter disebelah timur rumah bapak/ibu, sering mendapat ikan jenis bader ini. Tapi sekarang jarang kujumpai, mungkin saja ikan ini sudah punah atau masih tersisa satu dua saja . Baderbang ikannya bersisik mengkilap laksana perak menyala rasannya sangat lezat gurih .


Menurut cerita Bapak,di tahun 70 an, ketika awal pembangunan bendungan karang kates untuk mendapatkan ikan bader sangat mudah, mancing dengan umpan daun-daunan seperti daun kacang (lembayung) atau daun karetan (patik emas) bisa mendapatkan ikan bader yang banyak. Cara mancing menggunakan daun ini, tidak hanya ditaruh di pancing , tetapi ada seikat daun yang di masukkan kedalam air dimana kita mancing, sehingga ikan-ikan berkumpul disekitar mata pancing.


Baderbang berbentuk seperti ikan tawes pada umumnya pipih agak bulat memanjang, dengan ukuran badan sekitar 3 – 8 cm dengan panjang 7 – 14 cm. Mirip dengan ikan kuniran, atau ikan wader (bukan citul atau lure ya). Ekornya berwarna kuning dibagian pangkal sedang bagian ujung ekor kemerahan, kayak degradasi warna, termasuk warna sirip punggung dan sirip perut.

18 komentar:

Nyach mengatakan...

sarri agak mangandung tahayul

sarah azahra mengatakan...

Aku jadi belajar sejarah..makasih ya..
Kalau dalam bahasa betawi bader itu artina bandel..

Nyach mengatakan...

@sarah azahra : oh bader = bandel, makasih kembali atas infonya, memang ini cerita daerah malang

Yudi Yunior mengatakan...

Ceritanya sangat menarik, bikin saya ingin mengulangi utk membaca lagi hingga tuntas.

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
ini di kali berantas malang itu mas?hayah kok dah lupa dan merasa asing saya hehehehe
maaf telat

Gaphe mengatakan...

enak banget emang ikan bader. cuman biasanya dulu kalo om saya mancing, dapetnya kecil-kecil.. jarang sampe gede diatas setengah kiloan gitu.

mirip ikan bandeng bentuknya, tapi soal rasa bedaa..

Nyach MMS mengatakan...

@Dhana/戴安娜 : Betul nilai 100 untuk mbak Dhana, sungai brantas yang membelah kota Malang dan berpisah meninggalkan kabupaten Malang setelah Karangkates. Ingat ya Karangkates

IbuDini mengatakan...

Belum pernah makan ikan Bader...dan saya kurang suka dengan ikan.
Tapi setelah baca ini jadi sedikit tau asal muasalnya.

Nyach mengatakan...

@Gaphe : memang rata2 kecil ikan

Nyach mengatakan...

@IbuDini : soal makanan favorit sesuai selera ya mbak

Awaluddin Jamal mengatakan...

wah saya belum pernah melihat dan makan ikan seperti ini.. ternyata memang negeri kita sangat kaya akan jenis ikan.

terima kasih sudah berbagi informasi tentang ikan bader ini, jadi menambah pengetahuan tentang dunia ikan-perikanan

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Wah saya paling suka ikan bader mas disambel tomat sama kemangi ampun dah ajib banget...........hehehehe

asuransioke mengatakan...

salam sahabat, ukuran ikan ini masih bisa lebih besar gak mas ?

Nyach mengatakan...

@Awaluddin Jamal : di kali berantas sudah jarang saya jumpai mas, dulu banyak

moenas mengatakan...

jadi pengen neh xixix

Nyach mengatakan...

@Arief Bayoe Sapoetra :rasanya lezat mas, saya suka juga tapi lebih sering makan ikan mujair

GHANTENK mengatakan...

jadi ingat masa kecil..ngembala kambing sambil mancing ikan ...TAWES

Dimitri Radytha mengatakan...

Saya tahu istilah ini dari buku Senopati Pamungkas. Istilah ini mengandung arti yang lebih dalam dari sekadar namanya.