Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Potensi Pertanian Indonesia

Written By Nyach on Minggu, 19 Juni 2011 | 10.07

 Indonesia dikatakan Jambrut Katulistiwa, negeri yang gemah Ripah Lohjinawi katanya orang suku Jawa. Saya berpikir benarkah demikian, kalau kita melihat renstra pertanian 2010-2014, potensi Indonesia khususnya dalam bidang Agraris, Apa potensi pertanian Indonesia ?
Ibaratnya tongkat bambu jadi tanaman, orang bilang tanah kita tanah sorga, 
Ulasan ini saya bagi ada beberapa tahap unggahan, mengingat potensi pertanian Indonesia yang begitu banyaknya.
1. Keanekaragaman Hayati dan Agroekosistem
Indonesia memiliki potensi sumberdaya alam, termasuk plasma nutfah, yang melimpah (mega biodiversity). Bio-diversity darat Indonesia merupakan terbesar nomor dua di dunia setelah Brasil, sedangkan bila termasuk biodiversity laut maka Indonesia merupakan terbesar nomor satu di dunia. Hal ini dapat dilihat dengan beragamnya jenis komoditas pertanian tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan yang sudah sejak lama diusahakan sebagai sumber pangan dan pendapatan masyarakat. 
Keaneka ragaman hayati yang didukung dengan sebaran kondisi geografis berupa dataran rendah dan tinggi; limpahan sinar matahari dan intesitas curah hujan yang hampir merata sepanjang tahun di sebagian wilayah; serta keaneka ragaman jenis tanah memungkinkan dibudidayakannya aneka jenis tanaman dan ternak asli daerah tropis, serta komoditas introduksi dari daerah sub tropis secara merata sepanjang tahun di Indonesia.

Aneka ragam dan besarnya jumlah plasma nutfah tanaman dan hewan, baik yang asli daerah tropis maupun komoditas introduksi yang sudah beradaptasi dengan iklim tropis, di sisi lain merupakan sumber materi genetik yang dapat direkayasa untuk menghasilkan varietas dan klone tanaman unggul serta bangsa ternak. 

Potensi pertanian Indonesia ini, banyak dimanfaatkan oleh negara-negara lain seperti Belanda, Prancis, Amerika dll dalam mendapatkan plasma nutfah antara lain bibit-bibit pertanian, yang dalam pelaksanaan pemanfaatannya membentuk industri bibit pertanian. Sebagian besar dari productnya dibawa ke negeri orang bule tersebut. Ini berdasarkan informasi dari tenaga kerjanya (orang Indonesia Asli)


2. Lahan Pertanian
Indonesia memiliki potensi ketersediaan lahan yang cukup besar dan belum dimanfaatkan secara optimal. Data dari kajian akademis yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Lahan dan Air, Kementerian Pertanian pada tahun 2006 memperlihatkan bahwa total luas daratan Indonesia adalah sebesar 192 juta ha, terbagi atas 123 juta ha (64,6 persen) merupakan kawasan budidaya dan 67 juta ha sisanya (35,4 persen) merupakan kawasan lindung. Dari total luas kawasan budidaya, yang berpotensi untuk areal pertanian seluas 101 juta ha, meliputi lahan basah seluas 25,6 juta ha, lahan kering tanaman semusim 25,3 juta ha dan lahan kering tanaman tahunan 50,9 juta ha. Sampai saat ini, dari areal yang berpotensi untuk pertanian tersebut, yang sudah dibudidayakan menjadi areal pertanian sebesar 47 juta ha, sehingga masih tersisa 54
juta ha yang berpotensi untuk perluasan areal pertanian. 



Jumlah luasan dan sebaran hutan, sungai, rawa dan danau serta curah hujan yang cukup tinggi dan merata sepanjang tahun sesungguhnya merupakan potensi alamiah untuk memenuhi kebutuhan air pertanian
apabila dikelola dengan baik. Waduk, bendungan, embung dan air tanah serta air permukaan lainnya sangat potensial untuk mendukung pengembangan usaha pertanian.



13 komentar:

Munir ardi mengatakan...

sayang hutan kita sekarang banyak yang sudah hilang tanah tidak bisa menyimpan air lagi curah hujan nggak menentu dan lahan menjadi tandus

Nyach mengatakan...

gara gara manusianya Bang, yg terlalu mementingkan diri sendiri, lupa sama kita2 yg mampir di blog ini

Gaphe mengatakan...

bener banget, saya setuju kalo dibilang Indonesia kekayaannya melimpah. hanya saja nggak banyak yang menyadari potensi pertanian ini. dipikir profesi petani tuh profesi yang kurang menghsilkan, padahal kalo pinter mengolahnya.. pasti jauh lebih menghasilkan dibanding kerja kantoran kan.

Yudi Yunior mengatakan...

Saya sdh berkeliling lebih dari 5 negara didunia, dalam hal kesuburan alam, Indonesia tidak ada tandingannya. Suatu anugrah yg tdk dimiliki oleh negara lain.

Posting ini telah mengungkapkan kenyataan yang sebenarnya.

Tanah genting kra di Thailand yg terkenal paling subur didunia, ternyata masih kalah sama kesuburan tanah Indonesia.

Dan saya sdh membuktikannya ketika sy berkunjung ke rmh teman di Thailand pada thn 2008 ketika saya krj di Malaysia.

Dari foto satelit di Amerika serikat beberapa tahun lalu, Indonesia memiliki kandungan tambang terbesar dan terkaya di dunia dan tidak habis untuk memakmurkan rakyat 350 juta jiwa.

Orang Indonesia telah berdiri diatas berlian yg terhampar di bawah katulistiwa

Nyach mengatakan...

@Gaphe : saya setuju Phe, klo pinter mengolahnya kita akan makmur, sayangnya banyak yg egois dg kepentingannya.
@Yudi Yunior : Jadi gitu mas ya, semoga kemakmuran dan kesuburan menjadikan rakyat sejatera lahir batin

IbuDini mengatakan...

Saya sama kayak Gaphe : kekayaan dinegara kita emang begitu sangat banyak dan melimpah....meskipun saya hanya bisa melihatnya melalui televisi dan internet , disitu sudah jelas sekali betapa indahnya dan kayanya negara kita.
Hanya saja ada beberapa orang yang tak menyadari itu sehingga mau merusaknya.
Saya jadi teringat sama kebun peninggalan ayah saya yang diwariskan utk saya, terbiar tanpa perawatan.

alkatro mengatakan...

orang yang berkuasa ngaruh banged. orang atas ga niat ngurus pertanian

ane kebetulan seneng ngobrol sama sodara tua.. pisang uter harga setandan cuma 5000 perak; sejak jaman minyak tanah seliter masih 2000 sampai 12.000 he he

attayaya-bladeless mengatakan...

tapi...
hutan Riau habis dibabat untuk perluasan perkebunan sawit
suatu perkembangan yang tidak seimbang

Nyach mengatakan...

@ untuk Ibu Dini, Bang Katro dan Bang Atta : Berarti yang harus direboisasi orang-orag yang semaunya udelnya dewe itu.

Pradisz Wardhana mengatakan...

Wah.. indahnya :D indonesia memang kaya akan keindahannya :D subhanallah..

daily soccer news mengatakan...

that's good... goood job sob... semangaattt....

resep masakan mengatakan...

Salam kenal dari rumah resep masakan Indonesia, ditunggu kunjungan baliknya :).

Lozz Akbar mengatakan...

Indonesia memang negeri kaya, tapi sayang banyak tangan-tangan serakah yang ingin menikmati kekayaan tersebut buat diri sendiri dan golongannya