Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Permasalahan yang Biasanya Muncul dipertengahan Puasa Ramadhan

Written By Nyach on Kamis, 18 Agustus 2011 | 18.40

Sambil menunggu waktu isyak tiba dan diteruskan sholat sunah tarawih, saya tulis tentang Permasalahan yang Biasanya Muncul dipertengahan Puasa Ramadhan, karena sudah berkali-kali seingat saya ini memang sering terjadi pada diri secara individu atau secara jamaah.

Puasa didalam aturannya tidak boleh makan dan minum diwaktu setelah terbit matahari sampai terbenamnya matahari, dan pada hakekatnya penuh dengan mengendalikan nafsu kita. Puasa sudah melewati pertengahan (15 hari), permasalahan yang sering dirasakan oleh sebagaian besar kita adalah :

  1. SENSI / sensitive sekali, sebagai tanda tandanya suhu tubuh lebih tinggi dari hari-hari sebelumnya (coba raba jidat kita saat siang hari diwaktu puasa, nah angetkan) . Bahkan sering kita jumpai pertengkaran-pertengkaran kecil dalam rumah tangga, walaupun penyebabnya kadang hanya sederhana alias sepele. Antara suami istri kadang terjadi perang dingin, entah karena kebutuhan lebaran diujung pintu, tetapi buget masih diujung pandangan, atau penyebab yang lain of teh record. Tapi perlu kita ingat bersama, berkaitan dengan tingkatan puasa dalam pengendalian nafsu, maka nafsu amarah harus lebih kencang dikendalikan. Pertengkaran ini tidak berlangsung lama, dalam pergantian hari menjadi malam sudah pulih seperti sedia kala.
  2. JAMA'AH SHOLAT TERAWIH MAJU / sepi. Permasalahan yang Biasanya Muncul dipertengahan Puasa Ramadhan yang satu ini sering saya jumpai dikampung-kampung, dimana para ibu-ibu mulai sibuk mempersiapkan kue-kue atau kebutuhan lain untuk lebaran, sedangkan para suami merasa sangat capek karena pikiran dan tenaga terforsir mencari kebutuhan lebaran. Sehingga sholat tarawih dilakukan secara berjamaah di rumah sendiri, makanya jama'ah sholat terawih jadi maju, yang jadi mamum maksudnya. Mula-mula meluber sampai mushola tidak cukup sekarang maju mendekati tempat imam tarawih. Godaan puasa setelah melewati pertengahan waktu semakin besar.
  3. SIBUK MEMPERSIAPKAN MUDIK, ini Permasalahan yang Biasanya Muncul dipertengahan Puasa Ramadhan yang dialami oleh saudara-saudara sedang diperantauan. Sudah menjadi tradisi Indonesia dalam merayakan lebaran silaturrahmi bersama-sama ke kampung asal untuk sungkem kepada orang tua. Yang mau mudik harus menyediakan tiket transportasi atau kendaraan pribadi harus siap on the road.
  4. Permasalahan yang Biasanya Muncul dipertengahan Puasa Ramadhan YANG LAIN adalah munculnya kejahatan dengan modus operandi menggunakan obat bius dengan target operasi saudara-saudara dalam perjalan pulang menggunakan transportasi umum, oleh karena itu berhati-hatilah ketika berada di kendaraan umum, sedikit tips untuk menghindari kejahatan ini, yaitu :
A). Jangan terpengaruh dengan orang-orang yang sok gaul, pasti ada maunya.
B) Jangan mudah mengkonsumsi pemberian dari orang lain,
C) Jangan mudah membeli minuman atau makanan yang ditawarkan di kendaraan-kendaraan umum, di waktu mudik. Takut para penjahat meletakkan perangkap dengan memaksa/bekerjasama dengan si penjual keliling.
D) Kalau dimungkinkan , ketika mudik jangan sendiri carilah teman sedaerah untuk mudik bareng, atau minta dijemput oleh keluarga .
E) Persiapkan bekal makanan atau minuman sendiri sebelum berangkat.

Demikaian Permasalahan yang Biasanya Muncul dipertengahan Puasa Ramadhan dan sedikit tip menghindari kejahatan ketika mudik lebaran.

6 komentar:

Negara Terkaya mengatakan...

memang masalah yg pasti muncul menjelang hari raya adalah beberapa tindak kriminal seperti yg disarankan pencegahannya oleh posting ini

Dedi Suparman mengatakan...

mengerikan no 4

IbuDini mengatakan...

No 2 baru tahun ini saya lakukan 3 malam absen, gara2 sibuk bikin kue jadi terlewat sholat tarawih di masjid berjamaah...padahal Dini udah ngajak utk ke Masjid.

Nyach mengatakan...

@ Negara Terkaya : terimakasih atas dukungannya

Nyach mengatakan...

@ Dedi Suparman : bener itu siapa yang gak ngeri dengan dampak kejahatan yang satu ini

Nyach mengatakan...

@ IbuDini : itu terjad dimana mana Bun, semakin banyak pahala ibadah semakin banyak godaannya.