Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Harga Murah Meriah, Mutu Akreditasi A

Written By Nyach on Sabtu, 13 April 2013 | 23.41

Harga Murah Meriah, Mutu Akreditasi A "ahh masak sih" itu tanggapan secara umum. Apa yang dimaksud judul diatas ? Tentu yang baca agak penasaran. Kenapa kok penasaran ? Suatu kebiasaan bahwa harga sesuai dengan wujud atau mutu barang, itu kalau dalam perdagangan. Istilahnya dalam bahasa jawa "Ego nggowo rupo".

Kalipare merupakan daerah ibu kota kecamatan, yaitu kecamatan kalipare kabupaten Malang. Kalipare mempunyai Sekolah Menengah Atas (SMA) yang bernama SMA Jenderal Sudirman-Kalipare. Sekolah ini beralamat di jalan Jendral Sudirman No. 31 Kalipare Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang propinsi Jawa Timur, dengan kode pos 65166. Sekolah ini juga yang satu-satunya berjenis SMA se-kecamatan, sedangkan sekolah tingkat menengah atas yang lain adalah SMK. SMK di kecamatan Kalipare baru-baru ini didirikan oleh masyarakat, ketika sedang marak-maraknya program sekolah kejuruhan dari pemerintah. Sedangkan SMA Jenderal Sudirman-Kalipare berdiri sejak tahun 80 an.

SMA Jenderal Sudirman-Kalipare didirikan oleh para Ulama NU di Kalipare tahun 80 an untuk pendidikan umum yang bernafaskan NU. Pendirian sekolah ini juga untuk memfasilitasi pendidikan warga Kalipare dan sekitarnya yang mayoritas berprofesi petani lahan kering. Hal ini, mau tidak mau biaya untuk bersekolah di SMA Jenderal Sudirman-Kalipare murah. Pada era tahun 2010 sampai sekarang, biaya sumbangan pelaksanaan pendidikan di sekolah-sekolah negeri atau swasta sekitar Malang selatan sudah berkisar ratusan ribu rupiah, di SMA Jenderal Sudirman-Kalipare masih tujuh puluh ribu rupiah. Bagaimana , berapa besar biaya sekolah tingkat SMA/SMK di daerah luar Malang selatan ? Tentu hampir dipastikan rata-rata biayanya lebih dari Rp. 100.000,- atau lebih, bahkan tidak sedikit yang sekitar Rp. 250.000,- sebulan.

Pada tahun 2012 kemarin, hasil visitasi dari team asesor Akreditasi Sekolah propinsi Jawa Timur memberikan nilai yang sangat membanggakan warga Kalipare terhadap sekolah ini. Karena SMA Jenderal Sudirman-Kalipare mendapatkan hasil Akredatasi Sekolah ber-type A

Hasil penilaian team asesor akreditasi sekolah ini tidak isapan jempol belaka. SMA Jenderal Sudirman Kalipare memiliki gedung untuk sarana kegiatan belajar yang bisa dikatakan sangat memadai. Semua gedungnya bertingkat dua, dilengkapi Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, Perpustakaan, Laboratorium Bahasa dan sarana olah raga Basket. Selain itu di SMA Jenderal Sudirman-Kalipare juga ada stasiun pemancar radio pendidikan JS FM (Jelajah Swara FM).

Stasiun radio pendidikan ini sebagai wadah para siswa yang mempunyai bakat kepenyiaran. Radio ini juga dipergunakan untuk media penyampaian pembelajaran oleh guru-guru bidang study di sekolah ini melalui para siswa yang sebagai penyiar.

Untuk mewadahi siswa yang mempunyai bakat lain, disediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, antara lain olah raga Bola Volly, Sepak Bola, Bulu tangkis, Kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Seni Drama dan Kepenulisan Majalah dinding.


Sedangkan untuk pendidikan Iman dan Taqwa , Imtaq sejak tahun 1996 sampai sekarang disekolah ini  kepada warga sekolah diwajibkan untuk mengikuti  sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah. Untuk siswa putri dan guru-guru wanita mulai tahu 1997 (foto disamping adalah awal diwajib jilbab) diwajibkan berjilbab, bagi yang beragama Islam. SMA Jenderal Sudirman-Kalipare juga melaksanakan agenda sekolah rutin tiap tahun jiarah Wali Songo yang diikuti siswa kelas XII dan keluarganya. Biaya pelaksanaan jiarah Wali Songo ini, dilakukan dengan cara menabung mulai kelas X sebesar Rp. 5.000,- tiap bulan. Sehingga total biaya di sekolah ini hanya Rp. 75.000,- per-bulan. Murah meriah, kan. Sekolah yang dimaksud mempunyai blogg di sini KLIK

Postingan ini sebagai gambaran pendidikan di Indonesia, untuk gambaran Indonesia yang lebih lengkap tentang keindahan alam, tokoh-tokoh, dan sebagainya silahkan lihat di sini KLIK

7 komentar:

akhbar mengatakan...

semoga kalian semua sukses

Obat rematik tradisional mengatakan...

nice post ,,,,,,,,,,,

Obat Kanker Paru Paru tradisional mengatakan...

Info nya sangat menarik nie gan ,,,,,,,,,

Obat Nyeri Sendi Tradisional mengatakan...

Info nya sangat bagus nie gan ,,,,,,,,

Obat tradisional asam urat mengatakan...

oke infonya bagus sekali gan ....

obat ampuh untuk penyakit stroke mengatakan...

makasih banyak gan

obat herbal untuk menurunkan asam urat mengatakan...

makasih banyak gan