Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Diabetes disembuhkan dengan mengkonsumsi daging tupai (sciuridae)

Written By Nyach on Minggu, 09 Mei 2010 | 21.37

Sudah dua kali mondok di rumah sakit, nenek yang berumur 83 tahun ini kena gula darah (diabetes). Periode pertama di rumah sakit selama 10 hari, setelah 15 hari di rumah kambuh lagi dan harus mondok lagi selama 12 hari di rumah sakit lagi. Setelah itu untuk mengontrol diabetes yang diderita selain menggunakan obat-obatan dari dokter juga mengkonsumsi daging tupai  yang nama biologinya sciuridae (bhs jawa : bajing). Bagaimana cara mengkonsumsi tupai sebagai pengobatan diabetes diuraikan dalam penjelasan diabetes termasuk pengobatan alternatif yang lain.

Diabetes mellitus adalah suatu kondisi di mana pankreas tidak lagi menghasilkan insulin yang cukup atau sel berhenti merespons insulin yang dihasilkan, sehingga glukosa dalam darah tidak dapat diserap ke dalam sel-sel tubuh. Gejala meliputi sering buang air kecil, lemas, haus yang berlebihan, dan kelaparan. Perawatan termasuk perubahan dalam diet, obat oral, dan dalam beberapa kasus, suntikan insulin setiap hari.

Deskripsi
Diabetes mellitus adalah penyakit kronis yang menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius termasuk : penyakit gagal ginjal, jantung, stroke, dan kebutaan.

Latar belakang
Setiap sel dalam tubuh manusia membutuhkan energi agar dapat berfungsi. sumber energi utama tubuh adalah glukosa, gula sederhana yang dihasilkan dari pencernaan makanan yang mengandung karbohidrat (gula dan pati). Glukosa dari makanan yang dicerna beredar dalam darah sebagai sumber energi siap untuk setiap sel-sel yang membutuhkannya.

Insulin adalah hormon atau bahan kimia yang diproduksi oleh sel-sel di pankreas, organ yang terletak di belakang perut. Insulin obligasi ke situs reseptor di luar sel dan bertindak seperti kunci untuk membuka pintu ke dalam sel melalui mana glukosa dapat masuk. Beberapa glukosa dapat dikonversi ke sumber energi terkonsentrasi seperti glikogen atau lemak asam dan disimpan untuk digunakan nanti. Ketika ada tidak cukup insulin diproduksi atau ketika pintu tidak lagi mengakui tombol insulin, tetap glukosa dalam darah agak masuk sel. Tubuh akan mencoba untuk mencairkan tingkat tinggi glukosa dalam darah, suatu kondisi yang disebut hiperglikemia, dengan gambar air keluar dari sel dan ke dalam aliran darah dalam upaya untuk mencairkan gula dan mengeluarkan dalam urin. Sudah lazim bagi penderita diabetes terdiagnosis terus-menerus haus, meminum sejumlah besar air, dan sering buang air kecil sebagai tubuh mereka mencoba untuk menyingkirkan glukosa ekstra. Hal ini menciptakan tingkat tinggi glukosa dalam urin.

Pada saat yang sama bahwa tubuh adalah berusaha untuk menyingkirkan glukosa dari darah, sel-sel yang kelaparan untuk glukosa dan mengirim sinyal ke tubuh untuk makan lebih banyak, sehingga membuat pasien sangat lapar. Untuk menyediakan energi untuk sel kelaparan, tubuh juga berusaha untuk mengkonversi lemak dan protein menjadi glukosa. Pemecahan lemak dan protein untuk energi yang menyebabkan senyawa asam yang disebut keton untuk membentuk dalam darah. Keton juga akan dikeluarkan dalam urin. Seperti membangun keton dalam darah, suatu kondisi yang disebut ketoasidosis dapat terjadi. Kondisi ini dapat mengancam kehidupan jika tidak ditangani, menyebabkan koma dan kematian.

PENYEBAB DAN GEJALA DIABETES
Penyebab
Penyebab diabetes mellitus tidak jelas, namun, tampaknya ada baik keturunan (faktor genetik diteruskan dalam keluarga) dan faktor lingkungan yang terlibat. Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa orang yang mengembangkan diabetes telah penanda genetik umum.
Pada diabetes Tipe I, sistem kekebalan tubuh, sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi, diyakini dipicu oleh virus atau mikroorganisme lain yang menghancurkan sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin. Dalam diabetes tipe II, penyebabnya karena umur, obesitas, dan riwayat keluarga diabetes berperan.
Pada diabetes Tipe II, pankreas dapat memproduksi insulin yang cukup, Namun, sel-sel telah menjadi resisten terhadap insulin yang diproduksi dan tidak dapat bekerja secara efektif. Gejala diabetes tipe II bisa mulai sehingga secara bertahap bahwa seseorang mungkin tidak tahu bahwa ia memiliki hal itu. Gejala-gejala awal adalah kelesuan, haus yang ekstrim, dan sering buang air kecil. Gejala lain mungkin termasuk berat badan tiba-tiba, penyembuhan luka lambat, infeksi saluran kemih, penyakit gusi, atau penglihatan kabur. Sudah lazim untuk diabetes tipe II akan terdeteksi saat pasien melihat dokter tentang masalah kesehatan lain yang sebenarnya disebabkan oleh diabetes belum didiagnosis.
Individu yang berisiko tinggi mengembangkan mellitus Tipe II diabetes termasuk orang-orang yang:

    * Mengalami obesitas (lebih dari 20% di atas berat badan ideal itu)
    * Punya saudara dengan diabetes mellitus
    * Milik penduduk etnis berisiko tinggi (Afrika-Amerika, Native Amerika, Hispanik, atau Bahasa Hawaii)
    * Telah didiagnosis dengan diabetes kehamilan atau telah menyerahkan bayi dengan berat lebih dari 9 lbs (4 kg)
    * Memiliki tekanan darah tinggi (140/90 mmHg atau di atas)
    * Memiliki density lipoprotein kadar kolesterol tinggi kurang dari atau sama dengan 35 mg / dL dan / atau tingkat trigliserida lebih besar dari atau sama dengan 250 mg / dL
    * Memiliki toleransi glukosa terganggu atau glukosa puasa terganggu pada pengujian sebelumnya

WARNING "hati hati menggunakan obat"
Beberapa obat umum dapat merusak tubuh menggunakan insulin, menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai diabetes sekunder. Obat-obat ini termasuk pengobatan untuk tekanan darah tinggi (furosemid, clonidine, dan diuretik thiazide), obat dengan aktivitas hormonal (pil KB, hormon tiroid, progestin, dan glucocorticorids), dan indometasin obat anti-peradangan. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati gangguan mood (seperti kecemasan dan depresi) juga dapat mengganggu penyerapan glukosa. Obat ini termasuk haloperidol, lithium karbonat, fenotiazin, antidepresan trisiklik, dan agonis adrenergik. Obat lain yang dapat menyebabkan gejala diabetes mencakup isoniazid, nicotinic acid, cimetidine, dan heparin. Sebuah studi 2004 menemukan bahwa tingkat rendah dari kromium mineral penting dalam tubuh mungkin berhubungan dengan peningkatan risiko untuk penyakit terkait dengan resistensi insulin.
GEJALA DIABETES
Gejala diabetes dapat dirasakan tiba-tiba (lebih dari hari atau minggu) pada anak yang sebelumnya sehat atau remaja, atau dapat dirasakan secara bertahap (beberapa tahun) pada orang dewasa kelebihan berat badan di atas usia 40. Gejala-gejala klasik meliputi merasa lelah dan buang air kecil sakit, sering, haus berlebihan, lapar yang berlebihan, dan penurunan berat badan.
Ketoasidosis, suatu kondisi karena kelaparan atau diabetes yang tidak terkendali, adalah umum pada diabetes Tipe I. Keton adalah senyawa asam yang terbentuk dalam darah ketika istirahat tubuh bawah lemak dan protein. Gejala meliputi sakit perut, muntah, napas cepat, kelesuan ekstrim, dan kantuk. Pasien dengan ketoasidosis juga akan memiliki bau napas manis. Waktu tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan koma dan kematian.
Dengan diabetes tipe II, kondisi tidak mungkin menjadi jelas sampai pasien disarankan untuk perawatan medis atau untuk beberapa kondisi lain. Seorang pasien dapat menderita penyakit jantung, infeksi kronis pada gusi dan saluran kencing, penglihatan kabur, mati rasa pada kaki dan kaki, atau lambat-penyembuhan luka. Wanita mungkin mengalami gatal kelamin.
Pengobatan
Saat ini tidak ada obat untuk diabetes. Kondisi ini, bagaimanapun, dapat diatur sedemikian rupa sehingga pasien dapat hidup relatif normal. Perawatan diabetes berfokus pada dua tujuan: menjaga glukosa darah dalam kisaran normal dan mencegah perkembangan komplikasi jangka panjang. pemantauan yang teliti terhadap diet, olahraga, dan kadar glukosa darah adalah sama pentingnya dengan penggunaan insulin atau obat oral dalam mencegah komplikasi dari kencing manis. Pada tahun 2003, American Diabetes Association memperbarui Standar Perawatan untuk pengelolaan diabetes. Standar ini membantu mengelola penyedia layanan kesehatan dalam rekomendasi terbaru untuk diagnosis dan pengobatan penyakit.
Diet
Diet dan olahraga sedang adalah perawatan pertama kali diimplementasikan pada diabetes. Bagi banyak penderita diabetes tipe II, penurunan berat badan mungkin merupakan tujuan penting dalam membantu mereka untuk mengontrol diabetes mereka. A, diet seimbang bergizi menyediakan sekitar 50-60% dari kalori dari karbohidrat, sekitar 10-20% kalori dari protein, dan kurang dari 30% kalori dari lemak. Jumlah kalori yang dibutuhkan oleh seorang individu tergantung pada umur, berat, dan tingkat aktivitas. Asupan kalori juga perlu untuk didistribusikan selama sepanjang hari sehingga lonjakan glukosa masuk ke dalam sistem darah yang dijaga agar tetap minimum.
Melacak jumlah kalori yang diberikan oleh makanan yang berbeda dapat menjadi rumit, sehingga pasien biasanya disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau ahli diet. Sebuah, individual mudah untuk mengelola rencana diet dapat diatur untuk setiap pasien. Baik American Diabetes Association dan American Dietetic Association merekomendasikan diet berdasarkan penggunaan daftar pertukaran makanan. Setiap pertukaran makanan mengandung jumlah kalori yang dikenal dalam bentuk protein, lemak, atau karbohidrat. Seorang pasien diet rencana akan terdiri dari sejumlah pertukaran dari setiap kategori makanan (daging atau protein, buah-buahan, roti dan tepung, sayuran, dan lemak) untuk dimakan pada waktu makan dan sebagai makanan ringan. Pasien memiliki fleksibilitas dalam memilih mana makanan yang mereka makan selama mereka tetap dengan jumlah bursa yang ditentukan.
Bagi banyak penderita diabetes tipe II, penurunan berat badan merupakan faktor penting dalam mengontrol kondisi mereka. Sistem pertukaran makanan, bersama dengan rencana latihan moderat, dapat membantu mereka menurunkan berat badan berlebih dan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.
Obat oral
obat oral yang tersedia untuk glukosa darah pada penderita diabetes tipe II. Obat pertama yang ditetapkan untuk diabetes tipe II berada dalam kelas senyawa yang disebut sulfonylureas dan termasuk tolbutamid, tolazamide, acetohexamide, dan klorpropamid. obat yang lebih baru di kelas yang sama yang sekarang tersedia dan mencakup glyburide, glimeperide, dan glipizide. Cara kerja obat ini belum dipahami dengan baik, Namun, mereka tampaknya untuk merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin lebih banyak. obat baru yang tersedia untuk mengobati diabetes termasuk metformin, akarbose, dan troglitizone. Pemilihan obat sebagian bergantung pada profil individu pasien. Semua obat memiliki efek samping yang mungkin membuat mereka tidak sesuai untuk pasien tertentu. Beberapa misalnya, dapat merangsang penambahan berat badan atau menyebabkan iritasi perut, sehingga mereka tidak dapat perawatan yang terbaik bagi seseorang yang sudah kelebihan berat badan atau yang telah radang perut. Lainnya, seperti metformin, telah terbukti memiliki efek positif seperti kematian kardiovaskular menurun, tetapi tetapi peningkatan risiko dalam situasi yang lain. Sementara pengobatan ini merupakan aspek penting dari pengobatan diabetes tipe II, mereka bukan pengganti diet terencana dan latihan moderat. obat oral belum menunjukkan efektif untuk diabetes Tipe I, di mana pasien memproduksi insulin sedikit atau tidak ada.
Begitu banyak obat-obatan baru sedang dalam pengembangan yang lebih baik untuk tetap berhubungan dengan dokter untuk mendapatkan informasi terbaru, dokter dapat menemukan obat terbaik, diet dan program latihan agar sesuai kebutuhan pasien individu.
Insulin
Pasien dengan diabetes Tipe I memerlukan suntikan insulin setiap hari untuk membantu tubuh mereka menggunakan glukosa. Jumlah dan jenis insulin yang diperlukan tergantung pada tinggi, berat badan, usia, asupan makanan, dan tingkat aktivitas pasien diabetes individu. Beberapa pasien diabetes tipe II mungkin harus menggunakan suntikan insulin jika diabetes mereka tidak dapat dikontrol dengan diet, olahraga, dan pengobatan oral. Diberikan suntikan subkutan, yaitu, tepat di bawah kulit, menggunakan jarum kecil dan alat suntik. situs Injeksi bisa dimana saja di tubuh di mana ada kulit longgar, termasuk lengan atas, abdomen, atau paha atas.
dimurnikan insulin manusia adalah yang paling umum digunakan, tetapi, insulin dari daging sapi dan babi juga sumber yang tersedia. Insulin dapat diberikan sebagai suntikan dosis tunggal satu jenis insulin sekali sehari. Berbagai jenis insulin dapat dicampur dan diberikan dalam satu dosis atau dibagi menjadi dua atau lebih dosis selama satu hari. Pasien yang memerlukan suntikan berkali-kali selama satu hari mungkin dapat menggunakan pompa insulin yang mengelola dosis kecil insulin pada permintaan. Pompa baterai dioperasikan kecil dipakai di luar tubuh dan tersambung ke jarum yang dimasukkan ke dalam perut. Pompa dapat diprogram untuk menyuntikkan dosis kecil insulin pada berbagai masa hari, atau pasien mungkin dapat menyesuaikan dosis insulin bertepatan dengan makan dan olahraga.
Regular insulin-cepat bertindak dan mulai bekerja dalam waktu 15-30 menit, dengan puncaknya efek penurun glukosa sekitar dua jam setelah disuntikkan. Efeknya berlangsung sekitar empat sampai enam jam. Nph (Hagedorn protamine netral) dan insulin Lente adalah sedang-bertindak, mulai bekerja dalam waktu satu sampai tiga jam dan berlangsung hingga 18-26 jam. Ultra-Lente adalah bentuk panjang-acting insulin yang mulai bekerja dalam waktu empat sampai delapan jam dan berlangsung selama 28-36 jam.
Hipoglikemia, atau gula darah rendah, dapat disebabkan oleh insulin terlalu banyak, makanan terlalu sedikit (atau terlambat makan bertepatan dengan tindakan insulin), konsumsi alkohol, atau meningkat latihan. Seorang pasien dengan gejala hipoglikemia mungkin lapar, pemarah, bingung, dan lelah. Pasien mungkin menjadi berkeringat dan gemetar. Waktu yang tidak diobati, pasien bisa kehilangan kesadaran atau kejang. Kondisi ini kadang-kadang disebut reaksi insulin sehingga harus ditangani dengan memberikan sesuatu yang manis pasien untuk makan atau minum seperti permen, gula batu, jus, atau makanan ringan lain gula tinggi.
Operasi
Transplantasi dari pankreas yang sehat menjadi pasien diabetes adalah perawatan berhasil, Namun, transplantasi ini biasanya dilakukan hanya jika transplantasi ginjal dilakukan pada saat yang sama. Meskipun transplantasi pankreas adalah mungkin, adalah tidak jelas jika potensi manfaat lebih besar daripada risiko operasi dan terapi obat yang dibutuhkan.

Pengobatan Alternatif
Karena diabetes dapat mengancam jiwa bila tidak dikelola dengan baik, pasien tidak harus berusaha untuk mengobati kondisi ini tanpa pengawasan medicial. Berbagai terapi alternatif dapat membantu dalam mengelola gejala diabetes dan mendukung pasien dengan penyakit tersebut. Akupunktur dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan neuropati diabetes dengan stimulasi poin cetain. Seorang praktisi yang memenuhi syarat harus dikonsultasikan. remedies Herbal juga dapat membantu dalam mengelola diabetes. Meskipun tidak ada pengganti herbal untuk insulin, beberapa tumbuhan dapat membantu mengatur tingkat gula darah atau mengelola gejala diabetes lainnya. Beberapa pilihan termasuk:
  • Fenugreek kelabet (Trigonella foenum-graecum) telah ditunjukkan dalam beberapa studi untuk mengurangi insulin dan kadar glukosa darah sementara juga menurunkan kolesterol
  • Bilberry (Vaccinium myrtillus) dapat menurunkan kadar glukosa darah, serta membantu menjaga pembuluh darah sehat
  • Bawang putih (Allium sativum) dapat menurunkan gula darah dan kadar kolesterol
  • Bawang (Allium cepa) dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dengan membebaskan  insulin mereka untuk metabolisme
  • Cabe rawit (Capsicum frutescens) dapat membantu meringankan rasa sakit pada saraf perifer (sejenis neuropati diabetes)
  • Ginko (ginko biloba) dapat mempertahankan aliran darah ke retina, membantu mencegah retinopati diabetes
Sedangkan yang dari hewan adalah :
  •     Bajing kelapa / tupai (sciuridae) : Hewan pengerat ini sebagai salah satu alternatif pengobatan diabetes. Cara penggunaannya sebagai berikut :
  1. Setelah disembelih , kulit dikelupas dengan ditarik dari arah leher ke ekor
  2. bagian perut dibersihkan, bagian kepala dipotong
  3. daging tupai direbus sampai matang dengan air rebusan bersisa 30 % dari semula
  4. air rebusan dibuat kuah untuk makan atau diminumkan ke pasien
  5. daging tupai yang telah matang dimakan sebagai lauk atau dimakan secara langsung
  6. dilakukan sampai berulang, insyaallah sembuh. (Sumber : cerita pasien sembuh dari dibetes setelah dengan teratur terapi dengan daging tupai.)

Setiap terapi yang menurunkan tingkat stres juga dapat berguna dalam mengobati diabetes dengan membantu mengurangi kebutuhan insulin. Di antara pengobatan alternatif yang bertujuan untuk stres yang lebih rendah adalah hipnoterapi, biofeedback, dan meditasi.
Prognosa
diabetes yang tidak terkontrol merupakan penyebab utama kebutaan, penyakit ginjal stadium akhir, dan amputasi ekstremitas. Hal ini juga menggandakan risiko penyakit jantung dan meningkatkan risiko stroke. masalah mata termasuk katarak, glaukoma, dan retinopati diabetes juga lebih sering terjadi pada penderita diabetes.
diabetes neuropati perifer adalah suatu kondisi dimana ujung saraf, terutama di kaki dan kaki, menjadi kurang sensitif. ulkus kaki diabetes merupakan masalah tertentu karena pasien tidak merasakan sakit dari blister, berperasaan, atau cedera ringan lainnya. Miskin sirkulasi darah di kaki dan kaki berkontribusi untuk penyembuhan luka tertunda. Ketidakmampuan untuk merasakan sakit bersama dengan komplikasi penyembuhan luka tertunda dapat menyebabkan luka ringan, lepuh, atau callouses terinfeksi dan sulit untuk mengobati. Dalam kasus infeksi berat, jaringan yang terinfeksi mulai rusak dan membusuk. Konsekuensi paling serius dari kondisi ini adalah perlunya amputasi kaki, kaki, atau kaki karena infeksi yang parah.
Penyakit jantung dan penyakit ginjal adalah komplikasi umum dari diabetes. komplikasi jangka panjang dapat mencakup kebutuhan untuk dialisis ginjal atau transplantasi ginjal karena gagal ginjal.
Bayi yang lahir dari ibu diabetes mempunyai peningkatan risiko cacat lahir dan tertekan saat lahir.

Pencegahan
Penelitian terus pada pencegahan diabetes dan deteksi peningkatan yang beresiko terkena diabetes. Sementara onset diabetes Tipe I tidak dapat diprediksi, risiko terkena diabetes tipe II dapat dikurangi dengan mempertahankan berat badan ideal dan berolahraga secara teratur. Stres fisik dan emosional bedah, penyakit, kehamilan, dan alkoholisme dapat meningkatkan risiko diabetes, sehingga mempertahankan gaya hidup sehat sangat penting untuk mencegah munculnya diabetes tipe II dan mencegah komplikasi lebih lanjut dari penyakit ini.

MOHON DO'A SEMOGA MBAH UTI CEPAT SEMBUH


Sumber : 1. medical-dictionary.thefreedictionary.com
               2. wikipedia.org
Foto      : Koleksi pribadi (mbah uti / Nenek Jemani)

4 komentar:

Unknown mengatakan...

wah, dagng tupai? baru tahu. tks ya..infonya

AISHALIFE-LINE mengatakan...

Postingan menarik dan bermanfaat.Sayangnya di tempat saya gak ada daging tupai nih?Btw,diabetes memang penyakit membahayakan.Dan belum ada obat dari dokter yang bisa menyembuhkan.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

pertama mampir disini..
makasih banyak atas Sharingnya sobat.

Ijin follow.

Unknown mengatakan...

Infonya sangat membantu,trimakasih