Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Cara mengatasi buah cabe atau lombok rontok di musim hujan

Written By Nyach on Senin, 28 Juni 2010 | 00.42

Kawan, saya posting ini saat hujan turun (atau turun hujan ya kata yang bener, inilah kelemahan bahasaku) dimalam hari sehingga saya ingat tentang mengatasi bagaimana buah lombok tidak berguguran sebelum panen. Lombok yang kutanam mulai berbuah, tapi sayang saat buah mulai nampak bersamaan dengan musim penghujan, menanamnya c juga pada saat musim penghujan.
Beruntung saya membentuk wadah diskusi pemuda di kampung yang kami beri nama Mandiri Makmur Sejatera / MMS, saya utarakan masalah cara mengatasi buah cabe atau lombok rontok di musim hujan. Salah satu dari anggota MMS mempunyai pengalaman dalam cara mengatasi buah cabe atau lombok rontok di musim hujan.
Saran dari teman itu sebagai berikut :

  1. Ketika hujan dimalam hari disarankan untuk merebus air secukupnya.
  2. Air hasil rebusan disemprotkan ke tanaman cabe yang lagi berbuah di pagi harinya sebelum matahari terbit (tentunya sholat subuh dulu), air jangan masih hangat tentu buah cabe akan mlonyoh kalau air rebusan belum dingin disemprotkan ke buah cabe.
Hal ini dimaksudkan untuk menyeterilkan buah cabe dari upas(racun) yang menempel pada buah cabe karena air hujan dimalam harinya. Dengan cara mengatasi buah cabe atau lombok rontok di musim hujan menggunakan air seteril dapat membuat buah cabe tetap sehat dan berisi montok meskipun di musim hujan.
Kendala penanaman cabe diantaranya pada musim hujan buah cabe rontok, sehingga petani gagal panen makanya perlu cara mengatasi buah cabe atau lombok rontok di musim hujan. Semoga berguna.

Dampak dari hujan di malam hari terhadap buah cabe diantaranya rontok, sebelum rontok pada pangkal buah berwarna kecoklatan. Buah cabe kalau tidak rontok banyak yang berwarna coklat dan kering di pohon, padahal buah cabe belum tua.

selamat berkebun, semoga cara mengatasi buah cabe atau lombok rontok di musim hujan dengan menyemprot dengan air yg sebelumnya di rebus ini bisa membantu petani agar tidak gagal panen, karena musim hujan.

6 komentar:

munir ardi mengatakan...

kayaknya tahun ini akan hujan sepanjang tahun pak menurut prediksi BMG

blog Baru mengatakan...

kalau cabenya satu hektar wah mesti tebus air satu kolam nih pak

Nyach mengatakan...

makasih Bang Munir atas infonya, bisa jadi cabe terus mahal
@ Blog Baru : iya ya, klo banyak ya bisa cukup pake air sumur

Rizky2009 mengatakan...

ini yang sering terjadi pada para petani cabe di desa saya, akibat kena hujan lombok rontok dan lama kelaman jd layu, padahal saat itu bagus bgt hasilnya harganya pun pas naik, jdnya beberapa petani gagal panen

NURA mengatakan...

salam sobat
ternyata bisa diatasi,walaupun musim hujan.
nanti bisa dicoba,kalau sudah di kakeknya.

HTN Alat Pertanian mengatakan...

Cabai mahal ya sekarang...