Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Pakailah hidung kucing menghindari mbledosnya LPG

Written By Nyach on Minggu, 11 Juli 2010 | 19.14

Sedih , trenyuh dan berbagai perasaan akan muncul dihati kita ketika mendengar atau menyaksikan berita tentang meledaknya tabung LPG yang mengakibatkan kerugian harta karena rumah meledak, bahkan korban jiwa karena mengalami luka bakar yang parah.

Artikel tentang keamanan pemakaian kompor LPG pernah ditampilkan di blogg ini dengan judul  tips aman mengganti sill atau karet tabung LPG . Mulai sabang sampai merauke kejadian yang mengenaskan tersebut telah ada, khususnya pada hari Sabtu 10 juli 2010 kejadian meledaknya tabung LPG ada tiga tempat yang diberitakan di televisi. sedangakan di media cetak telah terjadi elpiji bocor, 2 warga terbakar di jember. Warga Jember tersebut pada sore hari mengganti tabung LPG 12 kg ketika malam hari sebenarnya dia mencium bau aneh , bau itu tercium sampai ke kamar ketika subuh, tetapi tidak dipedulikannya. Bau yang aneh itu juga tidak
dipikirkan sama sekali kalau itu adalah bau gas LPG yang bocor.Sekitar jam 04.30 ibu-ibu yang sudah tua mau menanak nasi sehingga menyalakan kompor , pertama menyalakan kompor yang 12 kg tetapi tidak menyala ( tabung 12 kg ini yang bocor) kemudian beralih ke kompor 3 kg, ketika api menyala , api langsung menyambar gas yang sudah memenuhi seluruh ruangan rumah.

Dari kejadian ini, penyebab dari ledakan (mbledosnya) tabung LPG disebabkan :
  1. Kurangnya pengetahuan warga masyarakat tentang gas LPG, aroma/bau bau menyengat yang disertakan ke gas LPG (sebenarnya LPG tidak berbau) dimaksudkan untuk mendeteksi adanya kebocoran.
  2. Banyaknya peredaran gas illegal yang dilakukan orang yang hanya ingin mementingkan keuntungan, memindahkan isi tabung LPG 3 kg (bersubsidi) ke tabung 12 kg yang tidak bersubsidi.
  3. Kualitas tabung dan aksesorisnya yang kurang memadai, adanya program konfersi minyak tanah ke gas merupakan produksi tabung yang besar-besaran tentunya pengerjaannya juga ekstra karena diburu target pemerintah sehinga kualitas menjadi nomor dua.
  4. Tidak adanya pengawasan dalam pemproduksian tabung dan asessorisnya oleh yang berwenang, juga dalam pndistribusian gas dari produsen ke masyarakat. Sehingga praktik gas kentut banyak dilakukan oleh orang yang mau mengambil keuntungan besar.
Tips aman agar tabung LPG tidak meledak (mbledos) :
  1. Pakailah hidung kucing menghindari mbledosnya LPG, kehati-hatian ketika mencium bau menyengat, cepatlah anda buka regulator .
  2. Tempatkan tabung gas LPG ditempat terbuka, lebih aman letakkan tabung LPG di luar ruangan rumah dengan selang yang menembus tembok untuk menghubungkan ke kompor di dalam ruangan. Jangan lupa memberi kunci pengaman agar tabung aman dari gangguan orang jahat.
  3. Periksalah sil karet pengaman saat mengganti tabung dengan teliti.
  4. Jangan nyalakan api atau listrik ketika mencium bau menyengat (bau gas bocor) di dalam ruangan.
semoga berguna.
Berita tentang meledaknya tabung LPG :
1.RADAR BEKASI | Ditinggal Sunatan Anak, Elpiji 12 Kg Meledak
2.Temukan Elpiji Bermasalah - Untitled Document
3.Tabung Elpiji Meledak, Tiga Orang Terbakar - ::. SUMUT CYBER MEDIA ...
4.radar tulungagung news - Elpiji Meledak, Warung Ludes Terbakar
5.Korban Terus Bertambah - Untitled Document
6.Awas, Amuk si Jago Merah di Musim Kemarau - Jawa Pos | Selalu Ada ...
7.Elpiji Bocor, Dapur Terbakar - Untitled Document



12 komentar:

orang kampung belajar ngeblog mengatakan...

betul sekali sobat !!! setuju sekali akan sarannya nih.. tengkyu sobat !!!

elok langita mengatakan...

Halloo Nyach apa akabar?

mkashy buat tipsnyaa

jadi ngerit PAKE gas.. T.T

fanny mengatakan...

maksudnya piara kucing gitu ? atau...apa?

hendro-prayitno mengatakan...

baru nonton tv ada korban lagi tentang gas..makasih sob infonya saya akan segera beri tahu ibu saya nih..soalnya keamanan itu penting

Q-THINK mengatakan...

ini harus banyak yang membac sob, kalau bisa di share ke social media, berguna sekali sob

fanny mengatakan...

tips dpt job repiu : pr blog minimal 2 kalogak salah. daftar aja ke blogvertise.com. jangna lupa buat akun paypal utk pemabyaran honornya.

achen mengatakan...

wah makasih banged neh udah berbagi tips ini, bikin ngeri neh sekarang tabung lpg...
salam kenal kembali ea..

buwel mengatakan...

jadi lebih baek tabungnya ditaruh diluar ya...
Thanks neh...

Fahma Nurika mengatakan...

makasih infonya!

Wibisono Arisan Blackberry mengatakan...

thx to info, dan semoga semua pemakai lpg dapat menggunakan dengan baik dan tidak ada korban ledakan lagi.amin, saya tunggu kunjungannya di website saya.thx salam persahabatan

anyindia mengatakan...

wah bagus nih tipsnya om.. oiya makasih udah melengkapi posting aya

Umy Diary mengatakan...

hai ,,, blog ny udh d follow ni,,,
mkshy ,,
salam kenal dr umy,,,
keep posting n happy blogging dah