Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Panorama Rajekwesi

Written By Nyach on Sabtu, 25 Desember 2010 | 22.00

Rajekwesi adalah sebuah nama jurang yang terletak di perbatasan desa Kalipare dan desa Putukrejo tetapi masih masuk wilayah Kecamatan Kalipare. Jurang yang terletak di lereng pegunungan kapur Malang selatan ini mempunyai ketinggian kurang dari 500 dpl. Disebut rajekwesi karena jurang tersebut menggunakan penghalang (bhs jawa = Rajek ) dari besi.

Rajekwesi berada di wilayah kecamatan kalipare, kalau diperhatikan dipeta seperti berikut :


Lihat Peta Lebih Besar

Dari ketinggian 500 dpl ini kita dapat melihat panorama yang terletak diarah utara adalah hamparan kehijauan (diwaktu musim tanam) dan gemerlapnya permukaan air di waduk Karangkates yang membentang mulai dari timur daerah Sengguruh sampai kebarat yaitu bendungan Karangkates. Pemandangan yang terdiri dari sawah dan ladang yang terlihat dikejauhan yang dipisahkan oleh hamparan perkampungan di desa-desa yang berada pada wilayah kecamatan Kalipare menambah menawan. Keadaan seperti ini sangat cocok apabila digunakan sebagai tempat istirahat ketika mengadakan perjalanan dari wisata pantai selatan ke wisata bendungan Karangkates meskipun dalam waktu yang sebentar.
Keterangan :
Waktu pengambilan gambar  ketika musim kemarau 2009
Diambil dari arah selatan obyek yang merupakan jalan raya kabupaten (wisata bendungan Karangkates menuju wisata pantai Ngliyep).
Posisi pengambilan gambar  sekitar 200 m disebelah barat dari Rajekwesi

Untuk menjadikan tempat ini sebagai tempat singgah perjalanan diperlukan banyak fasilitas pendukung yang memadai, begitu juga gak kalah pentingnya adalah jaminan keamanan  , mengingat tempat ini jauh dari perkampungan penduduk. Tempat ini berjarak 1 km dari rumah terakhir yang terletak di desa Tumpakrejo Kalipare.

Rajekwesi berada di lereng Gunung Kendeng yang berjarak sekitar 45 km dari kota Malang dengan rute perjalanan ditunjukkan dalam peta berikut :

Sumber : google maps 

Gunung Kendeng berjarak tempuh sekitar 3 km dari pusat ibu kota kecamatan Kalipare atau 11 km dari wisata bendungan Karangkates. Material daerah ini terdiri dari batu kapur dengan permukaan yang berbukit-bukit milik perhutani yang sebelum tahun 2008 penuh dengan tanaman jati dengan umur puluhan tahun. Sekarang disekitar Rajekwesi merupakan tanah yang ditanami bermacam-macam tanaman diatas bebatuan yang dilapisi dengan tanah dipermukaannya.

Jika Anda berdiri di tempat ini, akan terpampang kokohnya gunung Kawi di seberang utara yang melewati lembah di bawahnya, inilah salah satu tempat wisata masa depan derah kabupaten Malang, seiring dengan ibu kota kabupaten Malang yang dipindah semakain mendekati tempat ini yaitu ke kota Kepanjen. Apalagi kalau tempat ini digunakan sebagai perumahan mewah oleh pihak perhutani maka akan menjadi daerah yang asri seperti Tretes di Prigen Pasuruan.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

sebenarnya potensial untuk dikembangkan seperti di daerah payung batu pak. tapi dampak positif dan negatifnya masih perlu dikaji ulang :-)

Anisayu mengatakan...

Ternyata indah ya , banyak tmpat menarik di Malang,,,,,
Bagus n sip artikelnya,,,,

Lover Virtual mengatakan...

Knjngan balik smbil brbalas follow...!! sya liat sdh ada 2 posting hlaman utama... brarti sdh bsa donk..!!!

triana ardiani mengatakan...

kapan ya ..aq bs berkunjung ksana? eh.. salam sayang tuk modelnya

triana ardiani mengatakan...

okey.. salut dech.. kapan ya aq bs berkunjung k sana..may.. you are to be a winner.

Ariph Ovisty mengatakan...

Bagus banget mang, dari dulu saya juga kepikiran seandainya ada investor minat bisa dibuatkan vila-vila disitu, tapi kendalanya kayaknya air ya? .....

Ariph Ovisty mengatakan...

Bagus banget memang Rajekwesi atau dulu juga disebut jurang dandan.
Saya juga pernah berpikir tempat ini sangat exotik dan menarik sehingga akan sangat bagus jika ada investor yang minat mendirikan semacam vila-vila atau penginapan dengan nuansa southern, karena selain wisatawan manca negara bisa menikmati pemandangan di tempat/daerah ini, wisatawan lokal khususnya di sekitar daerah ini pasti sangat minat untuk melepas kejenuhan di tempat ini. Saya sangat yakin tempat ini akan sangat laku dijual, karena saya saja yang dulu sering sekali lewat tempat ini sangat kagum apalagi orang yang baru datang dan melihatnya.

Anonim mengatakan...

mudah"an rejekwesi menjadi tmpat wisata alam yang sangat mengagumkan n diminati smua kalangan.
Kapan ya bsa kesana lagi..???