Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Kentut Sapi

Written By Nyach on Jumat, 08 Januari 2010 | 13.14



Selang air ukuran 5/8 dikeler dari belakang rumah, kran air dipasang dan kompor elpizi konversi minyak tanah ke elpizi dimodivikasi. setelah kran air dibuka dan diatas kompor disulut. dan wooooook api berwarna biru menyala, seisi keluarga tersenyum gembira.

Keinginan mencari bahan bakar alternatif selain minyak tanah kini sudah terwujud. Hasil dari pertemuan-pertemuan orang-orang desa tiap 2 minggu sekali mendapatkan hasil. Pembuatan digester Biogas dimulai setengah bulan yang lalu dimulai dengan mengukur tanah di belakang rumah dengan ukuran lebar 2,5 m dan panjang 3 m, kami menggali sampai kedalaman 3,2 m digunakan untuk mengumpulkan kentut sapi.
Kentut Sapi yang terkumpul dalam lobang umum disebut bigas



Biogas
  1. Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses penguraian bahan-bahan organic oleh mikroorganisme pada kondisi langka oksigen (anaerob)
  2. Biogas dapat dibakar seperti elpiji, dalam skala besar biogas dapat
  3. digunakan sebagai pembangkit energi listrik, sehingga dapat dijadikan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan terbarukan.
  4. Sumber energi Biogas yang utama: kotoran ternak Sapi, Kerbau, Babi dan Kuda
  5. Komponen Biogas :
  • ± 60 % CH4 (metana)
  • ± 38 % CO2 (karbon dioksida)
  • ± 2 % N2 , O2 , H2 , & H2 S
Kesetaraan biogas dengan sumber energi lain 1 m3 Biogas setara dengan:
BAHAN BAKAR
KESETARAAN
Elpiji
0,46 kg
Minyak tanah
0,62 liter
Minyak solar
0,52 liter
Bensin
0.80 liter
Gas kota
1,50 liter
Kayu Bakar
3,50 kg




Manfaat Biogas
Manfaat energi biogas adalah sebagai pengganti bahan bakar khususnya minyak tanah dan dipergunakan untuk memasak.
Dalam skala besar, biogas dapat digunakan sebagai pembangkit energi listrik. Di samping itu, dari proses produksi biogas akan dihasilkan sisa kotoran ternak yang dapat langsung dipergunakan sebagai pupuk organik pada tanaman/budidaya pertanian.


Potensi Ekonomis Biogas
Potensi ekonomis Biogas adalah sangat besar, hal tersebut mengingat bahwa 1 m3 biogas dapat digunakan setara dengan 0,62 liter minyak tanah. Di samping itu pupuk organik yang dihasilkan dari proses produksi biogas sudah tentu mempunyai nilai ekonomis yang tidak kecil pula.







Pembiayaan pemanfaatan kotoran hewan dijadikan bahan bakar relatif murah dengan membuat suatu kontruksi bangunan yang seefektif dan efisien yang tetap memperhitungkan kualitas/kekuatan.



3 komentar:

Munir Ardi mengatakan...

mantap mas energi alternatifnya

Gatot mengatakan...

Apa cuma kotoran sapi yang bisa dimanfaatkan untuk biogas ... Bagaimana dengan kotoran hewan yang lain ??? atau bahkan kotoran manusia ???

Petualangan Liar mengatakan...

info yg benar2 bermanfaat, terutama bagi org2 desa lereng gunung kendeng seprti saya. salam kalipare....