Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Indahnya Karangkates

Written By Nyach on Selasa, 09 Maret 2010 | 18.25

Sudah terbayang indahnya nuansa disekitar pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Sutami Karangkates yang akan aku lalui dalam perjalanan dari Malang selatan (Masel) ke Malang timur dilereng Gunung Semeru. Perjalanan yang menyenangkan karena melewati pembangkita listrik yang memenuhi hajat listrik rakyat Indonesia se-Jawa Bali, apalagi dalam perjalanan dengan motor bisa melintasi bendungan Karangkates tepat berada antara pembangkit dan hamparan air yang berada di sungai Brantas.


Bendungan dan PLTA yang diresmikan oleh Presiden Suharto (dalam prasasti yang tertempel dibendungan tertulis SOEHARTO) pada tahun 1971 ini terdiri dari bendungan dari bahan semen dan batu kapur yang diambil dari gunung yang berjarak 8 km sebelah selatan bendungan bernama gunung Kendeng, terletak di deretan pegunungan Medeterania. Yang paling nampak kelihatan selain bendungan juga setum (pipa besi raksasa) ada 3 buah menjulang tinggi disebelah barat bendungan dan dicat warna orange melengkapi keindahan obyek wisata Karangkates. Di bawah setum ada torbin yang tidak pernah berhenti berputar (sayang tidak bisa melihat dari dekat) untuk menghasilkan listrik dengan daya bermega watt. Disebelah utara torbin seakan keindahan semakin lengkap dengan hiasan kabel/kawat2 listrik yang tersusun rapi dengan tiang-tiang yang ditempatkan membentuk mebentuk kubus-kubus sebagai tempat bertengger kabel-kabel listrik yang selanjutnya disambungkan ke kabel transmisi.

Kabel transmisi ada dua kelompok yaitu mengarah ke barat untuk memenuhi listrik sampai ke Jakarta, sedangkan kelompok satunya mengarah ke timur untuk memenuhi listrik sampai dengan daerah Bali. Kabel-kabel transmisi ini ditupang oleh Tower yang sangat tinggi setinggi tegangan listrik yang melalui kabel-kebel.

Bercerita tentang Karangkates masih banyak bagian yang belum saya sampaikan secara detail seperti : Nuansa Rajekwesi yang terletak 10 km di selatan karangkates, Pemanfaatan air untuk pemeliharaan air ikan air tawar dengan cara sengkedan, Banana Boat, Kolam renang yang dirindukan anak-anak dan masih banyak lagi.

Karena hujan dan guntur sepertinya menjadi utusan dari Alloh SWT untuk mengatur rencana perjalan sekeluarga untuk ditunda, padahal sudah diplanning sejak lima hari yang lalu. Memang harus ditunda besuk paginya.



2 komentar:

munir ardi mengatakan...

selamat melakukan perjalanan sobat semoga lancar

nuansa masel mengatakan...

Tolong dihitungkan luas bendungan Karangkates!