Oke MMS Headline

Okemms | Oke MMS

Jalan lintas selatan (JLS) di kabupaten Malang

Written By Nyach on Sabtu, 26 Maret 2011 | 20.47

Mukhodimah : Setelah memamerkan budaya kesenian “shogukan” dalam postingan mereka tidak pantas dibunuh, saya menampilkan Jalan Lintas Selatan (JLS) yang berada di pesisir selatan Kabupaten Malang. Informasi jalan lintas selatan kabupaten malang ini diperoleh ketika saya jalan-jalan bersama rombangan teman-teman sekantor ke daerah kecamatan Sumbermanjingwetan Kabupaten Malang untuk mengantarkan salah satu teman sekantor pindah tugas.
(Photo : Rombongan berphotoria di Jembatan Bajol Mati terletak di kecamatan Gedangan Malang Selatan)

Jalan lintas selatan (JLS) di kabupaten Malang
Jalan Lintas Selatan Jawa Timur, Banyuwangi-Pacitan, dimana KabupatenMalang merupakan poros tengah sepanjang ±140 km dari total panjang jalan Lintas Selatan ± 650 KM. Tahun 2011 percepatan pembangunan konstruksi dan tahun 2013 direncanakan rampung. JLS akan menghubungkan Kab Malang ketimur Banyuwangi/Bali dan ke barat Pacitan/Jogjakarta ; keduanya merupakan pantai wisata utama Indonesia.

(Photo : Jembatan Bajol Mati terletak di kecamatan Gedangan Malang Selatan)

Jalan lintas selatan di pesisir selatan kabupaten Malang ini merupakan salah satu dari tiga infrastruktur yang mengungkit perekonomian kabupaten Malang, sedangkan dua infrastruktur yang lain adalah pembangunan jalan tol Surabaya – Malang - Kepanjen dan Bandara Abdul Rahman Saleh di Malang Timur. 



Optimalisasi daerah pesisir selatan kabupaten Malang yang merupakan renstra pemerintah kabupaten Malang ketika dipimpin oleh Ibnu Rubianto almarhum ini sangat menjadi harapan rakyat kabupaten Malang terutama Malang selatan. Karena di pesisir selatan kaupaten Malang terdapat pantai-pantai yang sangat elok dan masih perawan. Pantai-pantai dengan ciri khas gelombang yang mendebur dan kebanyakan berbentuk terjal banyak sekali, antara lain jika dirunut dari timur ke barat untuk 4 kecamatan saja yaitu pantai Tamban dan pantai Sendag Biru di kecamatan Sumbermanjingwetan, pantai Balekambang di kecamatan Bantur, pantai Kondang Iwak, pantai Mbanthol, pantai Ngliyep dan pantai Jonggring Saloko di kecamatan Donomulyo. Belum lagi pantai-pantai di timurnya yaitu yang terletak di kecamatan Dampit dan Tirtoyudo.

Jalan lintas selatan di pesisir selatan kabupaten Malang ini melintas di bibir pantai selatan yang diprediksi akan mengundang tumbuhnya sarana wisata di Malang selatan seperti penginapan atau sarana wisata yang lain, juga diharapkan menumbuhkan sektor ekonomi seperti perikanan, perkebunan dan perdagangan di wilayah Malang Selatan. Sebagai bukti harapan itu, di sebelah utara pantai Bajul Mati sudah ada tambak udang windu yang cukup luas dengan lahan yang di sewa dari penduduk setempat ,ungkap Drs Mujiar kepala sekolah SMA Dharma Wirawan Malang yang tinggal di sekita pesisir selatan ini.


Apabila Jalan Lintas Selata (JLS) di kabupaten Malang ini sudah jadi Anda bisa menyusurinya mulai dari Jogjakarta dan menuju ke Bali dan singgal di Malang selatan dengan memanjakan mata untuk melihat-lihat pemandangan pantai sekaligus berbaur di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di pantai Sendang Biru. Anda juga bisa menghilangkan kepenatan perjalanan dengan singgah di pantai-pantai Malang selatan dengan bermain-main di atas putihnya pasir pantai selatan sekaligus mendengarkan alunan deburan ombak laut selatan yang mendayu dan sesekali menggelegar.


Menurut Renstra Bina Marga kabupaten Malang , Jalan lintas selatan (JLS) ini merupakan program pusat, sedangkan daerah kabupaten Malang akan menyelesaikan jalan sirip JLS di akhir tahun 2011 ini.


Akhiru kalam : Setiap pengembangan daerah disamping dampak positif juga timbul dampak negatif, semoga dampak negatif yang timbul dari pembangunan jalan lintas selatan (JLS) di kabupaten Malang ini minimal. Mudah-mudahan pembangunan Jalan Lintas Selatan (JLS) ini cepat selesai dan membuka peluang kerja bagi kami di Malang Selatan.Pengaspalan yang masih terhenti di daerah kecamatan Gedangan bisa terus berlanjut sampai ke perbatasan kabupaten Malang dengan kabupaten Blitar yaitu tepatnya di arah tenggara kecamatan Donomulyo



Tautan :
1. BPPD Kabupaten Malang
2. Renstra Dinas Bina Marga Kabupaten Malang

26 komentar:

Akhbar ae mengatakan...

sip sip, kalau jadi saya mau bersepeda menyusurinya

Nyach mengatakan...

@Akhbar : Makasih atas kunjungannya, ini masih berlanjut lho

munir ardi mengatakan...

saya mau tulis dikomentar pa c=scriptnya tidak bisa karena html, saya kirim message juga di FB nggak bisa juga di Cbox kepanjangan gimana ya caranya atau gini pak browsing digoogle aja cara membuat daftar isi pada postingan, maaf pak out of topic

Nyach mengatakan...

@Bang Munir : thanks , nanti ku coba

Nurul Imam mengatakan...

Jadi kepingin maen kesana nih...

Gaphe mengatakan...

Alhamdulillah.. semoga dengan dibangunnya Jalan Lintas Selatan di Malang ini bisa mempercepat pembangunan dan memperlancar kegiatan ekonomi di sana. yang ujungnya sih kesejahteraan masyarakat Malang meningkat.
jujur, walaupun udah beberapa kali ke Malang tapi belom pernah lewat JLS itu..

yanuar catur rastafara mengatakan...

ow,,rutene ngliwati pantai bajul mati sisan yow bos
oyi2, sipppp

salam satu jiwa

Nyach mengatakan...

@Nurul Iman : silahkan ke Malang selatan Mas, 60 km dari kota
@Gaphe : semoga cepet kelar JLS ini
@Yanuar : rutenya mepet dengan pantai2 selatan mas, asyik banget lah, pokoknya kalau jadi c. sekarang masih mandek ngaspale

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

jember juga kan dibangun juga jalur lints selatan disekitar pesisir pantai puger, salam kenal ya, kunjungan perdana nich.....

catatan kecilku mengatakan...

Ada ya Jalan Lintas Selatan? Aku baru tahu... :D #ketinggalanberita

the others.... mengatakan...

Memangnya temannya pindah tugas kemana? kok lewatnya Jalan Lintas Selatan?

Dhana/戴安娜 mengatakan...

Salam sahabat
Malang???? Sumbermanjing wetan? Berarti melewati desa saya di segaran malang mas?

Cerita Dewasa mengatakan...

Wah padahal saya dari dulu pengin ke malang izh, tapi ya gytu lom sempet2... hehehe

Nyach mengatakan...

@Arief Bayoe Sapoetra : pesisir selatan Jember tentu juga mas, ini kan program pusat.
@catatan kecilku : targetnya 2014 finish mas
@the others.... : pindah ke tambak rejo mbak, terus pulangnya lewat JLS
@Dhana/戴安娜 : ooo rumahnya di segaran ya, kemarin lewat segaran tembus druju lho lewatku.
@Cerita Dewasa : ayo mas touring ke Malang

Bunda Loving mengatakan...

Salam kenal....makasih sdh berkunjung ke rmh bunda...Kapan ya aku bisa main kesana ,lihat jembatannya....
bunda follow ya...jgn lupa balik follow...

sarah azahra mengatakan...

Jujur, aku belum pernah ke malang. Ini berguna sekali jika ada yang mau kesana.

Anisayu mengatakan...

Kapan ya bisa ke Malang, pasti menyenangkan....

Infonya bagus....

orangefloat mengatakan...

pembangunan jalan ini tentu mempermudah transportasi, semoga lekas selesai dan pembangunannya lancar tanpa ada korupsi

Nyach mengatakan...

@Bunda Loving :ok Bun, salam kenal juga dan menjalin silaturrahmi dg saling berkunjung

@sarah azahra : semoga suatu saat berkunjung ke Malang.

@Anisayu : banyak lho tempat wisata Malng yg mnyenangkan

@orangefloat : Amin mas, maksih atas doanya

Muhammad A Vip mengatakan...

jalur lintas selatan andai dibuat sepanjang pulau jawa asyik itu, mengimbangi jalan pantura. cuma mungkin medannya yang beda jadi pembuatannya mungkin lebih mahal biayanya.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

met siang

IbuDini mengatakan...

Saya belum pernah ke malang meskipun udah pengen sekali, pengen lihat dengan jelas kebun apel nya

Nyach mengatakan...

@Muhammad A Vip : JLS memang dari jawa barat sampai Banyuwangi mas.

@Sang Cerpenis bercerita : Mbak Fanny Kok met siang tok

@IbuDini : ada 2 daerah Apel kok, Batu dan Poncokusumo, silahkan pilih dan kunjungi

Hori Revens mengatakan...

peyan malang tow mas, walah cedak lak ngono aku cah kediri..dari ndi peyan ??

suprijo mengatakan...

Aku hampir tiap tahun menyusuri JLS ruas Pacitan- wonogiri-wonosari- panggang-parangtritis jalanya lebar dan mulus banget cuma sayangnya yg diruas Giri belah-praci mantoro (Kab Wonogiri)masih kecil dan bergelombang, Klo JLS ruas Pacitan ke timur, aku baru sampai di Kebon Agung jalanya sdh lebar dan mulus.Jalur yg saya lewati primadona pariwisatanya adalah Gua dan Pantai.

Nyach mengatakan...

Jadi Kebon Agung terus kebarat menyusuri JLS sudah sampai Parangtritis, makasih atas infonya Pak Auprijo